Workshop Ekonomi, GP Ansor Baron : Ekonomi Sangat Fundamental Perlu Restorasi di Era New Normal

Baron | nunganjuk.or.id – Berbeda dengan biasanya, kali ini kegiatan rutin pembacaan Sholawat dan Rotibul Hadad Pengurus Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda Ansor Baron, Nganjuk yang digelar pada Jumat (14/8/2020) lalu terbilang spesial. Pasalnya dalam acara tersebut juga digelar Pelatihan Perekonomian yang melibatkan Ketua Lembaga Perekonomian Nahdlatrul Ulama (LPNU) Kabupaten Nganjuk H. Darul Faruqi sebagai narasumber.

“Hal demikian berpengaruh pada segala aspek, salah satunya terhadap aspek perekonomian. Dalam hal ini, yang menjadi krusial bagi kaum muda, yaitu bagaimana keadaan ini bisa dijadikan suatu refleksi bersama,” ungkap Ketua GP Ansor Baron M. Fauzi saat sambutan.

Menurutnya, dalam keadaan seperti ini menjadikan keluhan terus-menerus. Terlebih lagi kondisi seperti saat ini membuat bosan, ketika setiap waktu harus melihat perkembangan dan kenaikan angka positif Covid-19.

Dengan begitu, lanjutnya, sektor ekonomi tentunya sangat fundamental untuk dibahas. Bagaimana pendekatan maupun metode untuk warga mampu merestorasi perekonomian di tengah era new normal.

“Selain itu berjalannya roda organisasi tanpa ada tumpuan kemandirian perekonomian yang kuat menjadikan kurang nya spirit dalam pelaksanaan suatu kegiatan,” imbuhnya.

Oleh karena itu, lanjutnya, munculnya Covid-19 yang mempengaruhi perekonomian, baik secara mikro. Terlebih, hal itu imbas juga terhadap keluarga, dan keadaan lainnya ataupun secara makro ‘global’ ternyata ini sangat berdampak.

“Dampak tersebut terlihat dari pertumbuhan ekonomi negara-negara yang mengalami  anjlok. Ini menunjukan bahwa ekonomi sangat dipengaruhi oleh munculnya Covid-19. Bagaimana restorasi ini cukup menjajikan terhadap bangunan ekonomi menjadi normal kembali,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama (LPNU) Kabupaten Nganjuk H. Darul Faruqi mengatakan, meski dihadapkan pada kondisi saat ini yang senantiasa mengharuskan menjaga jarak, mengenakan masker ketika keluar rumah tapi jangan sampai menghambat kreatifitas.

“Di era digitalisasi yang sudah merajalela di semua level masyarakat, kita tidak boleh tertinggal dan kita harus siap untuk sesegara mungkin beradaptasi dengan teknologi informasi yang semakin canggih untuk berinovasi dalam pengembangan bisnis perekonomian agar bisa berdaya saing dengan pelaku bisnis lainnya,” jelasnya.

Keunggulan digital marketing, lanjutnya, dapat membantu meningkatkan penjualan lebih hemat biaya, dapat menjangkau target pasar lebih luas atau ideal, melakukan komunikasi dengan menjadi lebih mudah dan kemudahan untuk merubah taktik dan strategi.***(af)

Kontributor : Ahmad Hengky Alifi Isnain
Editor : Hafidz Yusuf

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *