Workshop Desain Flyer, Forum Dakwah Fatayat Baron Lengkapi Dakwah Manual dengan Dakwah Digital

 Workshop Desain Flyer, Forum Dakwah Fatayat Baron Lengkapi Dakwah Manual dengan Dakwah Digital

Baron | nunganjuk.or.id – Pola berdakwah sangat menentukan perkembangan agama di suatu daerah. Keberhasilan dalam berdakwah tak lepas dari adaptasi terhadap perkembangan budaya suatu masyarakat.

Dakwah digital di era industri 4.0 tak bisa terelakkan, sehingga pendakwah termasuk remaja masjid harus menguasainya. Dengan dakwah digital ini mampu menjangkau masyarakat lebih luas.

Untuk mempersiapkan hal itu, Forum Daiyah Fatayat Nahdlatul Ulama (FORDAF) Kecamatan Baron menggelar ‘Workshop Desain Flyer’ untuk kadernya di Basecamp NU Online Nganjuk pada Kamis (11/3/2021).

Ketua Fordaf Kabupaten Nganjuk Nur Ifta Mufidah, mengapresiasi kegiatan yang digawangi oleh PAC Fatayat NU Baron. Ia juga mengajak kepada peserta yang hadir untuk memanfaatkan waktu sebaik-baiknya.

“Kita punya peran baru sebagai daiyah, maka dari itu daiyah  harus selalu bahagia, agar kita mampu membahagiakan orang lain,” ungkapnya memotivasi.

Penyampaian materi pembuatan flyer disampaikan oleh Afiefah Zulva. Aura antusiasme peserta bisa dirasakan karena disampaikan secara mengena dan dipraktekkan secara langsung langsung.

Sementara itu, Direktur NU Online Nganjuk Moch. Masyhuri, menyampaikan akan hadir suatu masa dimana masyarakat akan disatukan oleh perkembangan teknologi. Informasi diakses dengan sangat cepat, sifatnya terbuka, terjadi persamaan persepsi dari orang-orang tentang suatu hal karena informasi yang diperoleh sama, dimensi jarak dan waktu akan lebur. 

“Berdakwah bisa melalui apa saja, yang senang menulis, berdakwah melalui tulisan, bisa dengan membuat cerita pendek atau puisi atau apapun yang mampu menarik minat masyarakat,” tuturnya menyontohkan.

Dikatakan, Wali Songo berdakwah dengan budaya yang ada saat itu. Karena itu, menurut Hasyim dakwah digital harus digerakkan seiring dengan perkembangan budaya. Kebudayaan masyarakat berubah menjadi budaya digital.   

“Pelatihan Desain Flyer atau konten media sosial yang dihelat Fordaf Baron ini melatih para kadernya untuk melebarkan sayap dakwah digital dan ini akan melengkapi dakwah manual yang sudah berjalan selama ini,” tuturnya.

Harapan besar dari pengurus Fordaf Kecamatan Baron adalah kegiatan ada tindak lanjut yang bermanfaat untuk perkembangan forum ini. Disebutkan akan ada kelas – kelas berikutnya yang mampu mendukung terbentuknya daiyah yang militan dan berakhlakul karimah.

Kontributor: Afifatul Zulfa
Editor:Hafidz Yusuf

Digiqole ad

admin

Related post