Webinar Nasional, LP Ma’arif NU Nganjuk Bahas Moderasi Pendidikan Aswaja

 Webinar Nasional, LP Ma’arif NU Nganjuk Bahas Moderasi Pendidikan Aswaja

Nganjuk | nunganjuk.or.id – Di tengah pandemi dan memberikan pemahaman tentang moderasi pendidikan ala Aswaja, Pengurus Cabang Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif Nahdlatul Ulama Kabupaten Nganjuk, menggelar seminar daring dengan tema pendidikan, tepatnya ‘Webinar Nasional Pendidikan LP Ma’arif PCNU Nganjuk’.

Kegitan ini diikuti oleh 800 insan pendidikan di Nusantara, baik dari Nganjuk hingga luar Nganjuk, bahkan luar Jawa Timur, seperti dari Sampang, Pangandaran Jawa Barat, Sumatera Utara dan sejumlah daerah yang lain Rabu (10/3).

Pengurus PC LP Ma’arif NU Nganjuk Wahyu Irvana, mengungkapkan webinar fokus di dunia pendidikan yakni membekali pendidikan dengan inovasi pendidikan, utamanya online selama masa pendemi. Selain itu kegiatan ini merupakan agenda menyongsong Konfercab PCNU Nganjuk bulan Mei mendatang.

“Webinar ini bertujuan membekali pendidik dengan sistem baru RPP High Order Thinking System 1 lembar, membekali pemahaman tentang moderasi pendidikan ala Aswaja dan memberikan pemahaman pendidikan karakter untuk siswa,” terangnya.

Hadir memberi sambutan, Wakil Bupati Nganjuk Dr. Drs. Marhaen Djumadi, Kepala Kantor Kemenag Nganjuk Dr. Taufiqurrahman, M.Ag , Kasi Pendma kemenag Nganjuk Mohamad Afif Fauzi, M.Pd.I  dan Ketua PC LP Ma’raif NU Nganjuk Dr Zainal Arifin, M.Pd.I.

Wakil Bupati Nganjuk Marhaen Jumadi, dalam sambutannya menyampaikan Guru selain mendidik diharapkan juga menjadi motivator. Bahkan ia menyinggung  khususnya sebagai orang Nganjuk harus paham makna dari Nganjuk.

“Nganjuk berasal dari Anjuk Ladang, yang berarti Anjuk adalah kemenangan, dan Ladang tanah jadi Anjuk Ladang berarti Daerah/Wilayah Kemenangan,” imbuhnya.

Sebagai Narasumber, PC LP Ma’arif NU Nganjuk mengundang Widyaiswara Nasional Pipit Pudji Astutik, M.Pd., The Methamorphosis, Pakar Pendidikan Nasional HD Iriyanto, Ketua Aswaja NU Center PCNU Nganjuk KH. Muh. Zuhal, M.Pd.i.

Terpisah, Kepala Kemenag Nganjuk Taufiqurrahman, berharap sinergitas LP Ma’arif NU Nganjuk tetap terjalin baik. Bahkan, Taufiqurrahman menegaskan Kemenag Nganjuk dan LP Ma’arif NU Nganjuk adalah keluarga.

“Ma’arif NU adalah keluarga bagi Kementerian Agama. Sinergi yang baik harus terus dijalin untuk pendidikan lebih baik dan lebih maju ke depan,” tuturnya.

Acara dilaksanakan secara online selama dua kali dengan tema dan materi berbeda, setip acara diberikan fasilitas materi dan E-Sertifikat. Acara diikuti para peserta dengan antusias, banyak interaksi tanya jawab dan karena menariknya kegiatan ini peserta merasakan waktu yang diberikan kurang.

Besar harapan kegiatan semacam ini digelar kembali dengan materi yang berbeda.

Kontributor: Kazekage
Editor: Hafidz Yusuf

Digiqole ad

admin

Related post