Via Online, Khotmil Qur’an PAC IPNU IPPNU Rejoso Berikhtiar Hadapi Covid-19

Rejoso, 31 Maret 2020

Mewabahnya Covid-19 atau virus Corona membuat pemerintah mengeluarkan beberapa kebijakan, salah satunya adalah imbauan untuk melakukan pekerjaan, belajar, serta ibadah dari rumah dan tidak menghadiri kerumunan masa.

Hal tersebut sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran virus, yang asal mulanya pertama kali di Wuhan, China itu. Bahkan, PBNU mengeluarkan surat edaran agar seluruh warga Nahdliyin menunda segala bentuk kegiatan, yang sudah diagendakan sebelumnya.

Namun penyebaran Corona ini tidak lantas dijadikan alasan untuk tidak melakukan agenda apapun, seperti yang dilakukan Pimpinan Anak Cabang IPNU-IPPNU Kacamatan Rejoso. Mereka tetap melakukan Khotmil Qur’an berbasis online untuk menghindari kontak fisik satu sama lain. Khotmil Qur’an tersebut ditarget satu kali khatam dalam satu minggu.

“jadi begini, kami ingin mengajak semua yang ada di grup untuk ngalap barokah, sekaligus menyambung hati dan doa kepada ulama-ulama NU yang sudah meninggal, maupun yang masih hidup dengan cara khataman qur’an. Sekaligus mengisi kegiatan kita, agar sedikit lebih produktif daripada biasanya. Walaupun kita belum pernah bertemu, ketika kita terus mendoakannya, Insyaalah hati kita tersambung dengannya. Walaupun raga mereka sudah tidak ada, tapi jiwa mereka tetap ada.” Kata Rekanita Silvy Erlindasari Sebagai Waka Dakwah Kecamatan Rejoso, Saat rapat online di grup, Jum’at (27/03) lalu.

“Masing-masing 1 juz dikhususkan untuk 1 ulama. Masing-masing 1 juz dibaca oleh 1 orang, tidak perlu di voice not atau direkam suara ngajinya, cukup sendiri-sendiri setelah kholas dilaporkan dengan ke grup dengan membuat tanda centang disamping juznya.”, penjeasan waka dakwah Rekanita Silvy kepada anggota grup.

list khataman online

Rekanita Putri Naila Waka Kaderisasi juga mengatakan, tujuan melakukan Khotmil Qur’an Online untuk membantu pemerintah menangani penyebaran virus Corona, dengan cara mengikuti segala anjuran yang dikeluarkan seraya melakukan kegiatan yang bermanfaat.

“kita berdoa semoga dengan barokah Al-Qur’an, bangsa ini bisa segera terbebas dari wabah virus Corona, dan seluruh elemen bangsa ini sehat wal afiat lahir dan bathin,” katanya.

Sebelum kegiatan tersebut dimulai. Rekanita Putry Kartika Sebagai Ketua IPPNU PAC REJOSO memberikan pertanyaan kepada Anggotanya mengenai teknis dan penjelasannya dari Rekanita Silvy.

“gimana setuju atau tidak? Ada usulan?” tanya Rekanita Putry Kartika.

Setelah itu dilanjut usulan dari Rekan Fahrizal Sebagai Ketua IPNU PAC REJOSO.

“Sebentar dulu. Waka lainnya harus ikut berbicara dulu secepatnya komen.”, Pesannya melalui grup Whatsapp.

Setelah Waka dan anggotanya setuju. Selanjutnya kegiatan tersebut akhirnya dimulai pada hari Selasa (31/03) ini.

Kontributor: Dina Tia Fatikasari
Editor: Moh. Maftuhul Khoir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *