Upacara dan Pawai Ta’aruf Peringatan Hari Santri Nasional 2019, 2.500 Lebih Peserta Penuhi Lapangan Sidorejo

Sawahan, 21 Oktober 2019

Peringatan Hari Santri Nasional 2019 berjalan meriah di Kecamatan Sawahan. MWC NU Sawahan dan seluruh Banom NU berhasil membuat lebih dari 2.500 peserta tumpah ruah mengikuti upacara peringatan hari santri nasional 2019 dan pawai ta’aruf, di Lapangan Sidorejo Kecamatan Sawahan, pada hari Minggu (20/10).

Sejak pukul 7.30 WIB peserta sudah mulai berkumpul guna mengikuti agenda pertama, yaitu upacara bendera yang dikomandani langsung oleh Sujarkasi selaku Kasatkoryon Banser kecamatan Sawahan dan Ardiansyah Winardi, S.STP, M.Si selaku Camat Sawahan yang menjadi inspektur upacara.

Peserta upacara diantaranya adalah MWC NU dan semua banomnya sendiri yang meliputi Muslimat, Ansor, Banser, Fatayat, IPNU, IPPNU, dan semua Lembaga pendidikan mulai Dari RA/TK, MADIN, TPQ, SD/MI, SMP/MTS, SMA/SMK/MA se-Kecamatan Sawahan. Hadir pula Forpimcam Kecamatan Sawahan, Kepala Desa Se-Kecamatan Sawahan, H. Sumber Hartono selaku ketua pengurus Cabang Muhammadiyah Kecamatan Sawahan bersama Pengurus Harian, dan DPRD Nganjuk dapil V Burhanudin El Arif, S.Ag beserta rombongan dari Nganjuk.

Suyud ketua panitia HSN 2019 MWCNU Sawahan, menyampaikan syukur mendalam atas suksesnya acara peringatan HSN di Kecamatan Sawahan tersebut. Menurutnya capaian peserta yang melebihi target adalah bukti nyata besarnya semangat kaum santri dan warga nahdliyin, serta seluruh masyarakat Kecamatan Sawahan.

“Alhamdulillah Luar Biasa saya sangat puas sekali terhadap pelaksanaan HSN yang baru pertama kali dilaksanakan di Kecamatan Sawahan ini. Pelaksanaan sesuai harapan, justru lebih dari target kehadiran peserta 1.500 orang, trnyata hadir hingga 2.500 peserta bahkan lebih.”, jelasnya.

Setelah upacara selesai, agenda ke dua yakni pembacaan Orasi Resolusi Jihad NU oleh Mantan Wakil Bupati Nganjuk KH. Abdul Wahid Badrus, M.Pd.I yang bertujuan untuk mengenang sejarah serta mengobarkan semangat santri. Selepas upacara peserta, kegiatan dilanjutkan dengan pelaksanaan pawai ta’aruf.

Arak-arakan peserta Pawai Ta’aruf Santri terdiri sekitar 130 mobil, pemberangkatan di Lapangan Sidorejo Sawahan dan finish di Kantor MWC NU Sawahan di Desa Siwalan. Sekitar 100 Personil Banser, juga dari Polsek, Koramil dan Dishub Kecamatan Sawahan saling bersinergi untuk mengawal jalannya Kegiatan upacara sampai akhir pawai ta’aruf santri.

Lanjut Suyud juga ucapkan terimakasih atas dukungan dari Forpimcam Sawahan, dan semua pihak yang mendukung suksesnya acara peringatan HSN di Kecamatan Sawahan. Harapan kedepan akan menjadi momentum dalam merekatkan ukhuwah umat.

“Semoga dari pelaksanaan ini menambah ukhuwah islamiyah, ukhuwah wathaniyah dan ukhuwah basyariyah bagi masyarakat Nahdliyin di kecamatan Sawahan, baik di internal maupun eksternal Banom NU. Terimakasih kepada Forpimcam Sawahan yang telah membantu kegiatan ini, sehingga bisa terlaksana dengan baik, mudah-mudahan acara berikutnya lebih baik dan inovatif lagi.”, pungkasnya.(tuh)

Kontributor : Yudi Susanto
Editor: Moh. Maftuhul Khoir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *