Tutup Akhirussanah, Ponpes Miftahul Ulum Cerme Gelar Berbagai Perlombaan Islami

Pace, 22 Maret 2020

Kegiatan pembelajaran formal para santri Pondok Pesantren Miftahul Ulum Desa Cerme Kecamatan Pace telah selesai dilaksanakan, dengan kegiatan pamungkas yakni penutupan jam’iyah khitobah pada Hari Sabtu (22/03/2020). Dalam kesempan kali ini pengurus pondok pesantren Miftahul Ulum (PPMU) mengadakan beberapa perlombaan mulai dr MQK, MTQ, Pidato, dan Festival sholawat.

Momentum Musabaqoh para santri di PPMU ini bersamaan dengan Peringatan Isro’ Mi’roj Nabi Muhammad SAW. Pada tahun ini pimpinan PPMU, beserta seluruh para pengurus mewajibkan para santri untuk ikut dalam Musabaqoh pada berbagai cabang.

Malam tersebut adalah malam pertama dimulai nya Musabaqoh dengan cabang Qiroatil Kutub Washoya yang diikuti santri kelas 3, 4, dan 5 ibtidaiyah PPMU. Total peserta ada 60 santri baik putra maupun putri. Dalam cabang ini yang menjadi penilaian adalah Nahwu yang akan diampu oleh Ustadz Romdhoni, Nada diampu oleh Ustadz Ichsan, dan Adab diampu oleh ustadz Yasin Yusuf.

Berkaitan dengan kultur pesantren salaf, cabang Qiroatul Kutub lah yang paling menarik minat, sesuai dawuhnya pengasuh ponpes Miftahul Ulum, kyai Zakaria Anshori, SE. ia mengatakan bahwa syarat untuk menjadi kyai adalah santri harus bisa dan menguasai kitab kuning, santri jangan sampai hanyut akan perkembangan teknologi yang sangat berpengaruh besar dalam kehidupan, maknanya santri tidak boleh taqlid buta, santri harus punya sanad keilmuan dan sumber yang jelas.

“Musabaqoh ini untuk mengukur seberapa tuntas seorang santri dalam mengeyam pendidikan di pesantren. Untuk itu selamat berlomba, buktikan bahwa kalian yang terbaik dengan niat fastabiqul Khoirot, masih ada perlombaan-perlombaan lagi beberapa hari kedepan termasuk MQK Fathul Qorib, Fathul Mu’in, MTQ, Pidato, sholawat banjari dan semoga barokah,”, pungkasnya.(yy)

Kontributor: Yasin Yusuf
Editor: Moh. Maftuhul Khoir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *