Tingkatkan Kemampuan Seni, IPNU/IPPNU Ranting Banjarejo Adakan Pelatihan Banjari

 Tingkatkan Kemampuan Seni, IPNU/IPPNU Ranting Banjarejo Adakan Pelatihan Banjari

Rejoso | nunganjuk.or.id – Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU), Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Desa Banjarejo,Kecamatan Rejoso, Kabupaten Nganjuk mengadakan latihan banjari. Acara ini digelar dalam rangka meningkatkan kompetensi seni musi religi anggota.

Pelatih banjari, Adit memulai dengan mengenalkan nada dasar ketukan.

“Ketukan ‘dung tak dung dung tak dung’ dinamakan awalan, yaitu digunakan sebagai ketukan permulaan nada dari alat musik banjari,” ungkapnya pada Senin (21/12/2020) lalu.

Selain awalan, lanjutnya, banyak variasi dalam musik yang banyak diminati santri ini yakni dasaran, munggah, senggak’an dan penutup.

“Kata ketukannya pun dibuat memakai bahasa setempat (Jawa) tujuannya agar mudah dipahami. Selain itu, Jenis ketukan banjari pada dasarnya dibagi menjadi dua yaitu lanangan dan wedok’an. Keduanya sedikit berbeda dalam sistem menyuarakan alat dan lain sebagainya,” ujar Waka Orseni IPNU PAC Rejoso ini di sela-sela latihan.

Sementara itu, Waka Orseni IPPNU PAC Rejoso Dina Tia Fatikasari menambahkan, kegiatan pelatihan ini dinamakan “Pelatihan Banjari Cinta Nabi” karena sesuai dengan tujuannya yakni ingin menanamkan Cinta Nabi Muhammad SAW melalui shalawat dan pujian dengan lantunan suara musik banjari.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menarik kader-kader baru, sebagai media silahturahmi antara sesama kader dan alumni, melestarikan kultur NU agar tetap eksis dan media untuk belajar dan berlatih banjari sebagai tujuan utama,” tutupnya.

Kontributor: Faiz Baidlowie
Editor: Adnan Aly

Digiqole ad

admin

Related post