Terbitkan Piagam, Ma’arif NU Nganjuk Harap Jejaring Makin Kokoh

Nganjuk | nunganjuk.or.id – Pandemi COVID-19 menimbulkan berbagai persoalan tidak hanya sektor kesehatan, namun juga sosial, ekonomi, termasuk di bidang pendidikan. Dengan adanya kebijakan WFH (work from home) dan social distancing atau physical distancing, kegiatan belajar mengajar pun harus dilakukan dengan sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Menyikapi hal itu, LP Ma’arif NU Nganjuk terus mengupayakan pengembangan mutu pendidikan Nahdliyyin, terutama di masa pandemi global seperti sekarang. Selain program-program yang telah berjalan, LP Ma’arif NU Nganjuk telah melakukan berbagai inovasi di bidang pendidikan. Baru-baru ini dilaksanakan pendataan daring sekolah dan madrasah milik Nahdliyyin (Warga Nahdlatul Ulama) di Kabupaten Nganjuk. Hasil pendataan tersebut nantinya akan dipakai untuk menerbitkan piagam lembaga pendidikan NU.

Dalam rapat pengurus LP Ma’arif NU di kantor PCNU Nganjuk, Ahad (7/6/2020) lalu, Ketua LP Ma’arif NU PCNU Nganjuk, Zainal Arifin, mengungkapkan pentingnya penerbitan piagam lembaga pendidikan NU.

“Piagam lembaga pendidikan NU ini sebenarnya sudah ada sejak kepengurusan sebelumnya, kalau di madrasah ada piagam ijin operasional. Selain itu lembaga pendidikan yang telah terdata dengan rapi akan dikawal Ma’arif sesuai sumber daya yang ada”, tutur Zainal.

Untuk diketahui, Ma’arif NU selama ini telah berupaya berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk bersama-sama memajukan dan mengembangkan mutu lembaga pendidikan Nahdliyyin. Pengembangan mutu tersebut di antaranya dengan menyelenggarakan berbagai seminar, workshop, diklat, KKG/MGMP muatan lokal Aswaja dan Ke-NU-an, pendampingan akreditasi, penyediaan bahan ajar, evaluasi pembelajaran dan berbagai hal lainnya.

“Tahun ajaran baru, Ma’arif selain berkolaborasi dan berkoodinasi dengan berbagai pihak yang berkecimpung di pendidikan, lembaga pendidikan nahdliyyin juga harus punya jejaring yang kokoh dan tertata dengan baik, sehingga kalau ada program tertentu baik dari Ma’arif atau dari NU, kita segera bisa mengeksekusi”, imbuh Wahyudi Ridlo di sesi rapat pengurus.

Penerbitan piagam lembaga pendidikan NU ini akan dilaksanakan beberapa gelombang, termasuk tindak lanjut penguatan ideologi Aswaja An Nahdliyyah dan pengembangan kualitas sekolah/madrasah. Hal ini disampaikan Wahyu Irvana selaku koordinator pendataan lembaga pendidikan nahdliyyin di Nganjuk, dalam rencana Ma’arif NU Nganjuk di tahun ajaran ini.

“Kita akan terbitkan piagam secara gratis, bagi yang belum sempat mengirimkan data ada gelombang berikutnya, juga ada tindak lanjut dengan program-progam berkualitas dan memperkuat jaringan stakeholder NU untuk bersama memajukan pendidikan. Mohon doa juga semoga tahun ajaran ini modul Aswaja dan Ke-NU-an berbasis kearifan lokal yang digodog LP Ma’arif NU Nganjuk selesai dan cetak” tutur pria yang juga Wakil Ketua PC MATAN Nganjuk. (kzk)

Kontributor : Kazekage
Editor  : Hafidz Yusuf

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *