Tak Kenal Lelah, Begini Aksi Bagana Ngronggot Bantu Korban Banjir

 Tak Kenal Lelah, Begini Aksi Bagana Ngronggot Bantu Korban Banjir

Jombang | nunganjuk.or.id – Dalam sepekan terakhir curah hujan di wilayah Kabupaten Jombang, Jawa Timur itensitasnya cukup tinggi. Hal tersebut mengakibatkan beberapa desa yang berada di wilayah Kecamatan Bandarkedungmulyo,  Kabupaten Jombang, Jawa Timur tergenang air. Beberapa permukiman warga juga ikut tergenang air.

Melihat situasi ini, beberapa personil Satuan Khusus Banser Tanggap Bencana (Bagana) Ngronggot langsung membantu warga setempat yang terdampak banjir bersamaan dengan beberapa pihak lainnya. 

Pantauan di lokasi, sejumlah pihak di atas membagi perannya masing-masing. Sebagian fokus dalam penanggulangan banjir agar cepat teratasi.

Kepala Satuan Kordinasi Rayon (Kasatkoryon) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Ngronggot Khoirul Muttaqin, mengatakan jika Banser tak henti tanggap bencana. Meski tinggal di Nganjuk jarak lokasi terdampak banjir sangatlah dekat. Oleh karenanya ia dan timnya segera ke lokasi untuk membantu mengevakuasi warga.

“Sementara orang tua dan anak-anak kita evakuasi ke posko kalipuro supaya aman. Posko ini berada dekat dengan daerah dengan titik terdalam yakni ketinggian airnya mencapai 2 meter,” ungkapnya pada Ahad (7/2/2021).

Dijelaskan, salah satu fungsi Unit Bagana adalah sebagai wadah untuk melakukan aksi-aksi sosial-kemanusiaan penanggulangan bencana.

“Anggota Bagana merupakan kader-kader Banser tangguh yang telah dibekali dengan pengetahuan teknis kebencanaan,” kata Khoirul.

Sementara itu, Relawan Bagana Masduqi Mahfud menyampaikan sebanyak 1.748 kepala keluarga (KK), dengan jumlah penduduk 5.480 jiwa yang terdampak banjir. Ia berharap bantuan makanan dan kebutuhan pokok lainnya segera datang.

“Untuk kerusakan dan korban jiwa dilaporkan nihil,” ungkapnya.

Editor: Hafidz Yusuf

Digiqole ad Digiqole ad

admin

Related post