Tak Hanya Edukasi di Sekolah, Guru NU Ini Juga Lakukan Edukasi dan Baksos di Jalan raya

Nganjuk | nunganjuk.or.id – Disaat mewabahnya pandemi Covid 19 semua Elemen dari Organisasi PC NU Nganjuk bahu membahu bekerja sama dan saling membantu masyarakat. Berbagai macam kegiatan seperti membagi sembako, masker, uang santunan dan lain sebagainya. Tujuannya, agar pandemi covid segera sirna dari dunia ini.

Begitu juga dengan elemen guru dari Organisasi banom NU satu ini, yaitu Persatuan Guru NU (PERGUNU) Kabupaten Nganjuk. Kamis (23/04/2020), Organisasi ini juga menjalankan perannya sebagai organisasi guru, yaitu dengan memberikan edukasi pentingnya memakai masker ketika keluar dari rumah dan pentingnya sering sering mencuci tangan.

Ketua panitia dari kegiatan Sosial Pergunu ini yaitu M. Nuril, ia menyampaikan bahwa saat ini masih banyak masyarakat yang belum menyadari tentang mudahnya menyebar virus covid 19 dan pentingnya memakai masker ketika keluar dari rumah. Sehingga pengurus Pergunu Nganjuk edukasi masyarakat dengan pengeras suara.

“Banyak masyarakat sebenarnya di rumah sudah mempunyai masker, akan tetapi mereka kelihatanya masih malas untuk memakainya begitu juga tentang kebiasaan mencuci tangan juga masih malas untuk dilakukan karena mereka masih banyak yang belum tahu dan sadar tentang mudahnya penyebaran virus ini.”, tuturnya.

“Saat ini kami PC Pergunu Nganjuk hadir melakukan edukasi tentang pentingnya memakai masker dan pentingnya membiasakan mencuci tangan.”, tandas M. Nuril.

Sementara itu, Ketua PERGUNU Kabupaten Nganjuk yang biasa disapa Mas Aziz Kabul juga menjelaskan secara teknis kegiatan sosial ini. Selain bagikan masker, handsanitizer, juga bagikan jadwal sholat dan imsakiyah untuk sambut ramadhan.

“Acara ini kita mulai dengan penyerahan bantuan masker dan hand sanitizer sebanyak 999 secara simbolis di Kantor PC NU Nganjuk, kemudian berlanjut edukasi pemakain masker dan sekaligus penyerahan masker kepada para pengguna jalan yang melewati jalan alun alun Nganjuk,”, jelasnya.

“Acara ini kita laksanakan sebagai bentuk kepedulian pengurus yang melihat di lapangan, semakin hari korban virus ini semakin bertambah dan kesadaran masyarakat terkait dengan pemakaian masker dan cuci tangan yang masih kurang. Acara ini dilaksanakan juga sebagai bentuk dari peringatan Harlah Pergunu yang ke 60 tahun dan juga dalam rangka menyambut datangnya bulan suci ramadhan 1441 H.”, lanjutnya.

“Kita berharap semoga dengan datangnya bulan suci ramadhan ini virus covid 19 segera berakhir, amin. dan semoga kegiatan kita ini bermanfaat untuk masyarakat Nganjuk.”, pungkas mas Aziz Kabul.

Saat kegiatan berlangsung antusias dan apresiasi dari masyarakat yang lewat luar biasa, salah satunya bapak Sutikno yang bekerja sebagai tukang becak biasa mangkal di sekitaran alun alun Nganjuk.

“Sangat senang dengan kegiatan baksos yang diselenggarakan oleh Pergunu, dengan kegiatan itu kita akhirnya tahu begitu pentingnya memakai masker dan mencuci tangan dan saya ucapkan terimakasih sudah dikasih tahu pentingnya memakai masker dan diajari bagaimana memakai masker yang benar serta saya ucapkan terima kasih sudah dikasih masker dan hand sanitizer gratis.”, pungkas Pak Sutikno dilokasi.

Kontributor: Aziz Kabul
Editor: Moh. Maftuhul Khoir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *