Tahun Baru Islam, NU Bagor : Momentum Introspeksi Diri

Bagor | nunganjuk.or.id – Menyambut Tahun Baru Islam 1442 Hijriah bagi sejumlah warga di masing-masing daerah di Indonesia tentulah berbeda-beda.

Umumnya, menjelang Tahun Baru Islam 1442 H, memperbanyak amal shaleh merupakan hal yang dianjurkan sebagai refleksi bagi umat Islam terhadap rasa syukur kepada Allah SWT.

Sebagaimana Majelis Wakil Cabang (MWC) Nahdlatul Ulama Kecamatan Bagor, Nganjuk yang mengisi malam tahun baru Islam dengan acara “Peringatan 17 Agustus dan Refleksi Malam Tahun Baru 1442 H” pada Rabu (19/8/2020).

Hadir dalam acara ini, Pengurus MWC Nahdlatul Ulama Bagor diikuti pengurus Ranting NU, pengurus lembaga dan Badan Otonom NU setempat.

Ketua Tanfidziah NU Bagor, K. Abdul Wahab, menyatakan pihaknya dalam menyambut tahun baru Islam 1 muharam 1442 Hijriyah ini, menggelar refleksi, istighasah dan sekaligus berdoa bersama, agar warga NU terhindar dari segala musibah dan bencana.

“Barokah Tahun Baru Islam, Semoga kita senantiasa diberikan kesehatan dan keselamatan oleh Allah,” kata K. Abdul Wahab.

Selanjutnya, Kiai Wahab juga menambahkan bahwa tahun baru 1 muharam ini, harus dijadikan momentum untuk mengevaluasi dan renungan perjalanan hidup sebagai Hamba Allah.

“Ya, artinya tahun baru ini harus menjadi bahan renungan bagi kita, bahan evaluasi bagi kita, sudah sejauh mana ketaatan kita kepada sang Khalik,” ujarnya di Kantor MWC NU Bagor.

Terpisah, Ketua Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Kabupaten Nganjuk, Aly Anwar MHD yang juga hadir dalam acara tersebut, berharap tahun 1442 Hijriah lebih baik dari tahun sebelumnya.

“Semoga tahun 1442 Hijriah dapat lebih baik dari tahun sebelumnya dan apa yang kita cita-citakan dapat terkabul di tahun ini,” harapnya.

Usai doa bersama, tamu undangan dan hadirin dalam acara tersebut membedah nasi ingkung sebagai ungkapan syukur. Kegiatan itu menjadi kegiatan rutin setiap tahunnya. Hanya saja pada tahun ini, jumlah peserta tarhitung lebih sedikit dibanding tahun sebelumnya.

Redaktur : Hafidz Yusuf

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *