Sigap, LPBI NU Nganjuk Bantu Proses Evakuasi Kebakaran.

Musibah dapat terjadi pada siapapun tanpa pandang tempat dan kapanpun. Maka dari itu sudah sepatutnya kita berhati-hati dan berdoa kepada Allah agar terhindar dari musibah.

Pada hari Ahad, (29/9/2019) telah terjadi kebakaran di Desa Garu, Kecamatan Baron, Kabupaten Nganjuk yakni Kandang Sapi milik Sudarto (61 th) pada pukul 18.00 WIB.

Kejadian tersebut bermula ketika Pemilik Kandang Sapi Sudarto meninggalkan lokasi untuk melaksanakan Sholat Maghrib. Namun karena lalai, Pemilik Kandang tidak sempat mematikan perapian/diang yang masih menyala di dekat jerami didalam kandang sapi sehingga terjadi kebakaran.

Mat Khoiri (55 th) salah satu tetangga yang mengetahui kepulan asap dari kandang, langsung berteriak meminta tolong kepada warga setempat dan melaporkan kepada Kepala Desa Garu, Kecamatan Baron, Drs. Imam Syafi’i.

Kemudian, pihak Kepala Desa dengan cepat menghubungi Babinsa setempat, Danramil, Pemadam Kebakaran dan hadir pula LPBI Nganjuk di lokasi kebakaran membantu proses pemadaman api bersama 3 mobil Pemadam Kebakaran.

Saat ditemui, Pemilik Kandang Sapi Sudarto menyampaikan bahwa kurang antisipasi membakar perapian/diang, yang dekat sekali dengan tumpukan jerami.

“Saya tidak mengantisipasi angin kencang, sehingga perapian/diang yang dibakar menyambar tumpukan jerami yang ada didekatnya.” jelasnya.

Disisi lain, Relawan LPBI NU Mohammad Munir menyampaikan bahwa reaksi cepat dari LPBI NU Nganjuk berdasarkan laporan warga setempat yang merupakan tetangga korban.

“Kami dari LPBI NU ketika ada kabar dari saudara Bukori salah satu tetangga korban, kami langsung menghubungi damkar dan sahabat LPBI NU lainnya. Sesampai di lokasi kami bersamaaan mobil damkar langsung menuju lokasi walaupun lokasi sudah mulai reda sedangkan api dapat dipadamkan setelah damkar menghabiskan air 4 tangki dari mobil damkar.”Ungkapnya.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Kerugian ditaksir mencapai Rp. 1000.000,- (Satu Juta Rupiah).

Terpisah, Kepala Desa Garu, Drs. Imam Syafi’i menghimbau kepada warganya agar lebih berhati-hati.

“Mohon agar warga Garu berhati-hati dalam beraktivitas agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Semoga yang terkena musibah diberikan kesabaran dan kekuatan oleh Allah SWT. Amin.” tutupnya.

Kontributor : Kiromul M.
Editor : Haafidh Yusuf

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *