Seminar Makalah Dan Karya Tulis Ilmiah Dengan Tema “Membangun Sinergitas Mahasiswa Dan Birokrasi” Bersama Ukm El Fikr STAI Miftahul ‘Ula Nglawak Kertosono



El Fikr adalah salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa ( UKM ) yang ada di STAI Miftahul ‘Ula Nglawak ( biasa disebut STAIM Nglawak ), Kertosono, Nganjuk. El Fikr merupakan komunitas yang berkecimpung di dunia jurnalistik dan tulis menulis karya ilmiah. Komunitas El Fikr STAIM 2019 yang baru saja mengalami perombakan pengurus mengadakan seminar makalah dan karya tulis ilmiah bertemakan “Membangun Sinergitas Mahasiswa dan Birokrasi”. Acara ini berlangsung pada hari Kamis, 12 September 2019 dimulai pukul 13.30 WIB dengan pemateri Bapak Barit Nizaruddin, MA.

Seminar makalah dan karya tulis ilmiah diselenggarakan di lantai 3 kampus A STAI Miftahul ‘Ula. Peserta seminar tersebut berasal dari mahasiswa baru semua program studi, baik reguler maupun program madin. Sebelumnya, acara seminar ini berkuota 100 peserta. Namun, karena antusias mahasiswa baru yang luar biasa, peserta pun membludak hingga melebihi kuota yang ditetapkan oleh panitia. Untungnya, panitia sudah mempersiapkan segala sesuatunya untuk mengantisipasi hal itu sehingga situasi dan kondisi seminar tetap kondusif.

STAIM Nglawak mempunyai stekholder civitas akademika dari universitas ternama di Indonesia, contohnya UINSA, UM dll. Tentu dari masing – masing universitas mempunyai ciri khas penulisan makalah. Untuk menyatukan persepsi dosen – dosen STAIM mengenai penulisan makalah, diadakanlah seminar makalah dan karya tulis ilmiah oleh komunitas El Fikr. Selain itu, seminar ini merupakan wujud eksistensi komunitas El Fikr di STAIM. Dengan begitu, mahasiswa baru akan mengetahui tentang kegiatan di komunitas El Fikr.

Penyerahan Cinderamata oleh Ketua UKM ke Pemateri

Bapak Barit Nizaruddin, MA selaku pemateri dalam acara seminar tersebut mengungkapkan sedikit candaan yang berkelas, “Godaan mahasiswa di era millenial tidak hanya harta, tahta dan wanita, perlu ditambahkan satu lagi yakni kuota. Hehehe…”. Memang benar adanya, bahwa mahasiswa sekarang memang dalam kesehariannya tidak bisa terlepas dari hal yang bersifat online. Setiap saat, setiap detik pasti selalu membuka situs online untuk kepentingan komunikasi, searching informasi maupun untuk sekedar mencari hiburan semata. Yang sangat disayangkan adalah, dalam segala kemudahan akses tersebut kebanyakan mahasiswa cenderung kurang bisa memanfaatkannya untuk memperoleh cakrawala edukasi sehingga wawasan mereka kurang berkembang. Oleh karena itu, El Fikr STAIM berupaya untuk mewadahi dan terus mengadakan inovasi kegiatan guna mendukung minat bakat mahasiswa millenial untuk memperluas wawasan melalui kegiatan jurnalistik dan karya ilmiah.

Red/Azizah (Ketua UKM El-Fikr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *