Seminar di Pondok Asy Syafi, Ingatkan Peran Pemuda dalam Menyongsong Bonus Demografi

 Seminar di Pondok Asy Syafi, Ingatkan Peran Pemuda dalam Menyongsong Bonus Demografi


Bagor | nunganjuk.or.id – Pondok Pesantren Asy Syafi Kutorejo, Bagor, Nganjuk menggelar Seminar Kepemudaan bertajuk ‘Menumbuhkan Jiwa Kreatif, Inovatif dan Mandiri’ yang dilaksanakan di Pendopo Timur PP Asy Syafi pada Ahad (14/3).

Pengasuh PP. Asy Syafi H. Muhamad Tajul Mufachir, menyampaikan kegiatan ini merupakan komitmen yang dilakukan dalam upaya pengembangan kepemudaan, mengingat besarnya potensi yang dimiliki pemuda di Kabupaten Nganjuk.

“Indonesia berpeluang dapat memanfaatkan bonus demografi untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi. Bonus ini akan mencapai puncak pada 2030-2040. Maka dari itu pemuda harus mampu melihat peluang ini,” ungkapnya.

Dalam rentang waktu tersebut, Gus Tajul menambahkan, 64 persen dari total populasi di Tanah Air didominasi oleh masyarakat usia produktif, yaitu 15-64 tahun.

“Pada kondisi tersebut, angka ketergantungan bakal rendah. Dengan kata lain, total penduduk belum produktif dan tidak produktif yang ditanggung penduduk usia produktif mengecil,” imbuhnya.

Meski demikian, bonus demografi baru memberikan manfaat secara ekonomi jika masyarakat usia produktif memiliki kualitas tinggi, baik pendidikan maupun kesehatan.

Sementara pemateri kedua, Gondo Haryono, menyambut baik niat dan cita-cita penyelenggara seminar. Menurutnya, ini merupakan tholabul ilmi dalam rangka menyiapkan generasi emas masa depan.

“Pemuda bukan hanya pewaris namun juga harus menjadi inisator di masa depan,” tegasnya.

Lebih lanjut, pemateri ketiga, Moh. Masyhuri, menambahkan bahwa pemuda dan mahasiswa adalah kumpulan orang-orang yang memiliki semangat jiwa muda, kreatif, berpikir kritis dan punya ide yang visioner.

Kaum pelajar/mahasiswa sering disebut sebagai kaum intelektual, pemuda penerus bangsa yang mana masa depan negara ada di tangan mereka.

“Maka dari itu kita sebagai generasi muda kita harus bisa mempersiapkan diri kita masing-masing agar kita bisa berkarya dan berkontribusi dalam pencapaian-pencapaian bangsa kita,” pungkas Anggota DPRD Kabupaten Nganjuk ini.

Editor: Hafidz Yusuf

Digiqole ad

admin

Related post