Semarakkan Muharram, NU Care – LAZISNU Nganjuk Gelar Khitan Massal

Nganjuk | nunganjuk.or.id – Sejumlah kalangan banyak menggelar kegiatan ritual saat bulan Muharram. Dan cara berbeda dilakukan pengurus NU Care-Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Nganjuk yang memeriahkan tahun baru Islam kali ini dengan menggelar khitanan massal. Kegiatan dipusatkan di Kantor PCNU Nganjuk, Sabtu (29/8/2020).

Para peserta khitanan sejumlah 17 merupakan anak utusan dari pengurus Majelis Wakil Cabang (MWC) Nahdlatul Ulama di Kabupaten Nganjuk. Mereka adalah warga kurang mampu dan ada juga dari kalangan yatim.

Mereka tampak bahagia, lantaran akan menunaikan satu kewajiban sebagaimana syariat Islam menggariskan hukum khitan. Meski sebagian dari mereka tampak ada yang ketakutan, namun semua proses dapat dilalui dengan baik.

“Acara ini berhasil kami gelar berkat kerjasama LAZISNU dibantu Lembaga Kesehatan NU (LKNU),” ungkap Ketua LAZISNU Nganjuk Subhan Aburizal.

Acara ini juga sebagai syiar kepada para donatur LAZISNU dan Nahdliyyin yang belum mengetahui kegiatan ini. Pada saat yang sama, para peserta dihibur oleh iringan musik gambus religi. Dan fasilitas yang diterima masing-masing lainnya peserta yaitu baju, kopiah, sarung, dan uang saku.

Subhan juga menyatakan syukurnya karena program Gerakan Koin NU Peduli LAZISNU Nganjuk berjalan optimal dan hasilnya bisa dirasakan secara masyarakat luas.

“NU Care-Lazisnu sebagai lembaga pengelola dana umat, akan mengimplementasikan program dengan transparan, bertanggung jawab serta professional sehingga bantuan yang dititipkan masyarakat benar-benar tersalurkan dengan tepat sasaran,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Nganjuk H. Hasyim Afandi, berharap agar kegiatan ini tidak hanya berhenti kali ini saja, mengingat masih banyak anak yatim dan duafa yang tentu mengharapkan kontribusi LAZISNU. Bahkan jika memungkinkan, kegiatan serupa dapat dilakukan di berbagai titik di Nganjuk.

“Semoga acara ini istikamah dan ke depan pesertanya makin banyak,” harapnya.

Terpisah, Kegiatan ini mendapat sambutan meriah dari orang tua dan anak-anak. Sarjianto, salah satu orang tua mengungkapkan bahwa sudah meniatkan anaknya untuk dikhitan, namun terkendala biaya.

“Alhamdulillah, anak saya bisa disunat gratis, semoga barokah di khitan melalui Lazisnu” seru Sarjianto.

Redaktur : Hafidz Yusuf

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *