Selamat Harlah PERGUNU ke-68

Penulis:
Aziz Kabul Budiono
(Ketua PC Pergunu Nganjuk)

Pengurus Persatuan Guru Nahdhatul Ulama’ (PERGUNU) Kabupaten Nganjuk, Mengucapkan Selamat Hari Lahir (HARLAH) Untuk PERGUNU yg ke 68. Semoga pendidik-pendidik NU senantiasa unggul dalam meningkatkan kwalitas pendidikan dan semoga wabah Corona ini segera berakhir amin.

Dihari lahir PERGUNU ini, Kami menuliskan pesan untuk semua guru khususnya guru NU dan anak didik di manapun, di tengah pandemik virus Corona atau Covid -19, proses belajar mengajar harus dilakukan secara online.

Kepada Guru yang Ada Di Rumah

Saya mendoakan semoga keadaan bapak dan ibu guru beserta anak didik, senantiasa sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.

Teriring tulisan ini, ijinkan kami menghimbau Bapak Ibu agar selalu mendampingi anak didik dalam proses belajar mengajar.

Sebaiknya, anak didik tidak usah dibebani dengan tugas atau pekerjaan rumah yang berat. Kondisi saat ini luar biasa, maka perlu kita sikapi pula dengan langkah luar biasa.

Banyak hal yg perlu kita pertimbangkan, khususnya keadaan perekonomian orang tua yang sedang tidak bersahabat, orang tua tidak bekerja karena harus taat peraturan pemerintah untuk tinggal di rumah, sedangkan kebutuhan makan dan lain lainya terus berjalan.

Disisi lain, tugas anak rata-rata lewat HP yang harus terkoneksi internet yang membutuhkan pulsa. Ketika anak mencari paketan gratis melalui Wifi di Balai Desa Balai-Desa, disanapun juga ada larangan untuk tidak berkumpul di Balai Desa sehingga wifi di Balai Desapun juga harus dimatikan. Keadaan ini sangat membuat stress anak anak.

Virus corona sangat mudah masuk pada tubuh yang sistem imunnya tengah rendah. Nah, salah satu penyebab imun rendah adalah tingginya tingkat stress. Jadi, semaksimal mungkin, jangan buat anak didik kita stress.

Banyak cara untuk terus menggali kreativitas dan logika berpikir anak-anak. Dan, mungkin ini juga masanya anak-anak lebih mendapat pendidikan karakter.

Berikan pilihan tugas pada mereka untuk mengisi waktu luang dengan beragam cara. Misalnya, bagi yang suka menulis, bikin tulisan tentang kegiatan mereka di rumah. Atau tulisan tentang langkah preventif ketika mereka mendapat amanah menjadi pemimpin di masa depan dan kondisi wilayah mereka tengah ada penyebaran wabah pandemi penyakit.

Bagi yang suka menggambar, olahraga beri kebebasan mereka menghasilkan karya. Yang suka main musik, mungkin bisa kita minta membuat jingle tentang hidup sehat.

Atau, bagi yang suka bersosial media, bisa kita minta mereka untuk menuliskan pesan singkat terkait optimisme negeri ini menghadapi corona.

Saya yakin, hasilnya akan bagus-bagus serta bisa kita share di berbagai platform media sosial. Siapa tahu, dari karya anak-anak tadi mampu menginspirasi banyak orang.

Ingat, dalam setiap karya yg mereka kerjakan, baik menulis, menggambar dan lain-lain, gunakan semaksimal mungkin bahan yang ada di rumah. Jangan malah anak atau orang tua didik disuruh keluar mencari perlengkapan tugas.

Kita niatkan segala pengabdian ini sebagai jalan meraih ridhoNya.

Sedangkan untuk Anak-anakku Tercinta

kita tengah menghadapi situasi tidak biasa. Tapi terus yakinkan diri bahwa, bencana ini tidak lama. Dengan ijin Allah, sebentar lagi virus corona akan enyah dari dunia.

Nak, manfaatkan waktu di rumah saat ini untuk lebih berbakti pada orang tua. Kita tidak pernah tahu sampai kapan diberikan kesempatan oleh Allah untuk bersama-sama.

Karena itu, di momen ini, bahagiakanlah orang tua dengan rajin membantu. Letakkan sejenak handphone untuk bisa ngobrol secara langsung berbagai hal dengan Bapak dan Ibu di rumah.

Jika waktunya sholat tiba, tunaikan sholat berjamaah seraya berdzikr dan berdoa semoga keadaan negeri kita kembali baik.

Jangan lupa kirimkan doa jg untuk orangtua, para guru, pemimpin negeri dan para tenaga medis yg kini tengah berjuang untuk menyelamatkan pasien dampak wabah C.19 .

Selalu semangat untuk teman teman guru. Mari kita bersikap bijak untuk kebaikan bangsa dan negara ini.

SelamatHarlahPergunu68

BaiBaiCovid19

SelamatTinggalCovid19SelamatDatangRamadhan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *