Santri Nganjuk Peroleh Beasiswa Santri Nusantara LAZISNU Jatim

Nganjuk | nunganjuk.or.id – Banyak anak yang melanjutkan belajar di pesantren dari kalangan keluarga yang kurang mampu. Mereka berbekal semangat untuk menimba ilmu agama meskipun kiriman dari rumah tidak dapat diandalkan sepenuhnya.

Sebagai bentuk keterpanggilan, Pengurus Wilayah NU Care-Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Jawa Timur kembali menyalurkan beasiswa santri nusantara (BESANTARA) di beberapa pondok pesantren termasuk di Kabupaten Nganjuk. Program Beasiswa Santri Nusantara atau Besantara ini hasil kerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional atau Baznas Provinsi Jawa Timur.

Dalam sambutannya, Direktur NU CARE – LAZISNU Kabupaten Nganjuk Subhan Aburizal, mengatakan program tersebut merupakan langkah awal pembentukan program Anak Binaan Lazisnu (ABILA) di tiap MWC NU se Kabupaten Nganjuk.

“Ini menjadi langkah Awal program Anak Binaan Lazisnu (ABILA) di tiap MWC NU se Kabupaten Nganjuk, minimal 6 anak tiap MWC dari dana Gerakan Koin NU Peduli,” jelasnya pada Senin (18/5/2020) sore.

Lebih lanjut, Subhan berharap semoga kedepan NU CARE – LAZISNU Kabupaten Nganjuk dapat bersinergi dengan Lembaga lainnya dalam membantu anak-anak yang kurang mampu.

“Semoga NU CARE-LAZISNU ke depan bisa bersinergi dengan lembaga terkait seperti BAZNAS dan lembaga Pendidikan / Ma’arif maupun Pondok2 Pesantren untuk membantu anak-anak Dzuafa’,” pungkasnya.

Terpisah, Rais Syuriah PCNU Nganjuk KH. Ali Musthofa Said, menekankan kepada masing-masing Majelis Wakil Cabang (MWC) Nahdlatul Ulama untuk menentukan Anak Binaan.

“Diharapkan bulan Syawal nanti setiap MWC  harus sudah menentukan anak binaan sebagai mana program NU CARE – LAZISNU Nganjuk karena anak-anak binaan ini nanti bisa menjadi kader-kader militan NU kedepan,” tegasnya.

Pentasyarufan beasiswa santri nusantara (BESANTARA) digelar di Kantor PCNU Nganjuk dengan tetap melakukan Physical Distancing dan mematuhi protocol kesehatan yang berlaku.

Untuk diketahui, masing-masing menerima Rp. 1000.000,- (Satu Juta Rupiah) dari Beasiswa Santri Nusantara.

Berikut adalah nama-nama penerima Beasiswa Santri Nusantara (BESANTARA) :

  1. Ahmad Nasruddin,
    Alamat : Desa Waung, Kecamatan Baron
    Pondok Pesantren Lirboyo Kediri
  2. Aisyah Dwi Septiana
    Alamat : Kertosono
    Tahfidz di Pondok Pesantren Safinda Jombang
  3. Nadia Ika Sandra
    Alamat : Desa Blongko, Kecamatan NgetosPondok Pesantren Darul Hikmah Nganjuk
  4. Alfina Laila Yusmaliantin
    Alamat : Desa Gampeng, Kecamatan Ngluyu
    Pondok Pesantren Darul Hikmah Nganjuk

Redaktur/Edtor : Hafidz Yusuf

.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *