Sambut Ramadan, PC Fatayat NU Nganjuk Ziarahi Makam Kiai dan Muasis NU

 Sambut Ramadan, PC Fatayat NU Nganjuk Ziarahi Makam Kiai dan Muasis NU

Nganjuk | nunganjuk.or.id – Pengurus harian Pimpinan Cabang (PC) Fatayat Nahdlatul Ulama mengadakan rangkaian ziarah kubur di makam para Kiai dan pejuang NU di Kabupaten Nganjuk. Pada Ahad (4/4).

Kegiatan rangkaian ziarah ini dalam rangka Harlah Fatayat NU ke 71 dan menyambut bulan suci Ramadan 1442 H.

Ketua PC Fatayat NU Nganjuk, Muamanah, mengatakan, kegiatan ini diadakan untuk menghormati para muassis NU dan ulama Nganjuk yang merupakan tokoh NU di masanya.

“Untuk ‘ngalap berkah’ dan mengingat sejarah pejuang para Kiai NU & muassis Fatayat NU di Kabupaten Nganjuk,” ungkapnya.

Kegiatan dimulai pukul 07.00 di Rumah Sahabat Nurul Janati selaku Wakil Ketua bidang Pendidikan dan Pengkaderan Kabupaten Nganjuk. Karena dalam kegiatan ini juga sekaligus menggali informasi sejarah tentang para Masyayikh dan Muassis yang akan diziarahi.

Pada kegiatan ziarah ini, rombongan mengunjungi makam KH. Chayatudin, makam KH. Djaelani Mberu, makam KH. Abu Hakim Sekarputih yang merupakan Mursyid Thoriqoh Syadziliyah, makam Kanjeng Jimat yang merupakan Bupati Nganjuk pertama, mawbarah poleng,m maqbarah Mojosari, dan lainnya.

Ia menambahkan, peserta rombongan memang tidak banyak. Jumlah peserta dibatasi karena memang masih dalam suasana Covid-19.

“Kita menggunakan kendaraan roda empat, mobil. Semuanya menerapkan standar (pencegahan) Covid-19,” kata Muamanah.

Saat berada di makam, antusias pengurus terlihat saat melakukan tahlil dan do’a. Selain berharap keberkahan, kegiatan ini bertujuan untuk lebih mengenalkan generasi Fatayat NU tentang sejarah, perjuangan, amal, perbuatan baik para pendahulu.

Harapan kedepan kelak mereka akan semakin kuat dalam menghadapi perjuangan dalam berkhidmah.

Pewarta: Dwi Arum
Editor: Hafidz Yusuf

Digiqole ad

admin

Related post