Ribuan Santri se-Kecamatan Wilangan Peringati Hari Santri Nasional 2019

WILANGAN – Semarak Hari Santri Nasional 2019 diperingati oleh Santri di berbagai kecamatan di Kabupaten Nganjuk. Dibawah koordinasi dari MWC NU Setempat, Pengurus NU, Lembaga, Banom, Ranting, dan Santri baik dari TPQ, Madrasah Diniyah, Pondok Pesantren, sekolah Formal maupun Non Formal memperingati untuk memeriahkan dan meneladani serta melanjutkan perjuangan para pejuang. Salah satunya yang dilaksanakan di MWC NU Kecamatan Wilangan, minggu (27/10/19).

Kegiatan itu, dihadiri Camat, Kapolsek, Danramil, tokoh agama, Lembaga, Banom, Ranting NU, tokoh masyarakat dan pemuda se kecamatan Wilangan.

Bertempat di Lapangan Desa Sukoharjo Kecamatan Wilangan, Nganjuk menjadi awal/start Kirab 1000 Santri yang diikuti berbagai unsur santri dari TPQ, Madrasah Diniyah, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK maupun Pondok Pesantren se Kecamatan Wilangan. Para santri menaiki berbagai mobil yang dihias, mengumandangkan shalawat, dan kompak menyanyikan Yalal Wathon. Tidak ketinggalan atribut-atribuat khas santri, hingga poster bertuliskan Selamat Hari Santri Nasional 2019.

Ketua Panitia Kirab 1000 Santri MWC NU Wilangan Kabupaten Nganjuk, Muhammad A. Irvani, menjelaskan peserta kirab santri yang mencapai 1200 berasal dari 43 lembaga baik pondok pesantren maupun lembaga pendidikan setingkat, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK. Selain itu puluhan personel Polisi Polsek Wilangan Kabupaten Nganjuk.
Kegiatan bertajuk kirab 1000 santri tersebut memantik perhatian masyarakat maupun pengendara yang melintas di seluruh pelosok jalan yang di lewati peserta kirab di kecamatan wilangan. Selain itu yang juga membuat kegiatan tersebut tambah meriah dan berbeda dengan sebelumnya yakni adanya penilaian terhadap peserta kirab, yang merebutkan 3 juara terbaik.

Ketua Pemuda Ansor yang sering disapa Ndan Irvan sekaligus Ketua Panitia dalam kegiatan tersebut menambahkan pada peringatan Hari Santri tahun ini, pihaknya melakukan upaya maksimal agar gaungnya semakin besar. Hadirnya ribuan santri menandakan jiwa mereka yang nasionalis kebangsaan.
Selain itu dalam kegiatan tersebut Ketua MWC NU Wilangan, KH Sutopo menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kesuksesan kirab 1000 santri di kecamatan wilangan. Panitia, menurut beliau telah berupaya dan totalitas demi lancar dan suksesnya seluruh rangkaian acara.

“saya mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang turut andil dalam menyukseskan acara ini terkhusus semua pihhak panitia yang sudah berupaya dan totalitas sehingga acara ini dapat berjalan dengan baik,” ujar KH Sutopo.

Sementara itu Yonny Rachmanto, selaku Camat Wilangan dalam sambutannya menyampaikan bahwa santri harus cinta damai, santri harus menjaga NKRI, dan santri harus mandiri. Beliau juga berharap semoga dengan meneruskan perjuanga para kiyai, santri bisa mendapat erkah dari para kiyai. (im)

2 thoughts on “Ribuan Santri se-Kecamatan Wilangan Peringati Hari Santri Nasional 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *