Rakor MWCNU Rejoso Sepakati Takjil Zakat, dan Pelaksaan Sholat Idul Fitri Tetap Sesuai Protokol

Rejoso | nunganjuk.or.id – Satuan Gugus Tugas Covid-19 MWCNU REJOSO menggelar rapat koordinasi persiapan menyambut Idul Fitri 2020. Pembahasan termasuk di dalamnya yakni tentang pengelolaan Zakat Fitrah dan Sholat Idul Fitri.

Rapat koordinasi ini dihadiri oleh perwakilan Banom yang tergabung dalam Satuan Gugus Tugas Covid-19 MWCNU Rejoso. Satgas terdiri dari Ansor, Banser, Fatayat, Muslimat, IPNU – IPPNU, Lazisnu, LBMNU, dan PSNU Pagar Nusa.

“Rapat ini termasuk Pembahasan mengenai persiapan zakat fitrah dan sholat idul fitri. “, kata Pak Rohmad Udin saat memimpin rapat di kantor MWCNU Rejoso, Selasa (12/05/2020).

Berikan penjelasan, Pak Watijo Sekretaris MWCNU Rejoso juga berbicara mengenai hal-hal kedepan pelaksanaan zakat fitrah dan idul fitri. Pertama, perlu untuk mewaspadai hal-hal yang tidak diinginakan, seperti masuknya organisasi terlarang ke Kecamatan Rejoso.

Kedua, kaitannya idul fitri dan silahturahmi, dan gerakan untuk zakat. Panitia disarankan untuk mempersiapkan handsanitizer di Masjid dan Mushola.

“Karena kalau hanya di siapi cuci tangan nanti tangannya basah tidak ada lap, kalau handsanitizer lebih efektif, dan tidak kalah Pentingnya untuk waspada dari jamaah yang hadir.”, jelasnya.

Tambahan saran dari pak Rohmad Udin ketua Gugus tugas MWCNU Rejoso, agar panitia zakat fitrah untuk membuka penerimaan zakat fitrah sejak tanggal 20 Ramadhan ini. Sebagaimana diketahui dalam kitab fiqh, bahwa menyalurkan zakat sebelum waktu wajib adalah masuk dalam kategori takjil zakat.

“Ranting-ranting secepatnya dari panitia zakat fitrah untuk takjil, supaya di wilayah rejoso Bisa melaksanakan sholat idul fitri dan zakat fitrah, dan selalu Bisa berkoordinasi.”, tuturnya.

Terkait Sholat Id, Pak Hartoyo Ketua MWCNU Rejoso mewanti-wanti, terkait dengan idul fitri karena jemaah sholatnya lebih ramai dibandingkan shokat tarawih. sehingga ia menegaskan bahwa SOP tetap berlaku.

“Dan ini harus dimulai dari depan, yaitu imamnya.”, kata Pak Hartoyo.

Selanjutnya zakat fitrah akan ada edaran melalui whatsapp, targetnya sejak tanggal 20 Romadhon zakat fitrah sudah sudah mulai didistribusikan. Hingga akhir rapat ditutup doa oleh Pak Hartoyo Ketua MWCNU Rejoso.(dtf)

Kontributor : Dina Tia Fatikasari
Editor : Moh. Maftuhul Khoir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *