PKPT IPNU-IPPNU STAI Miftahul ‘Ula Sukses Gelar Makestama

Kertosono – PKPT IPNU-IPPNU STAI Miftahul ‘Ula sukses gelar Makestama (Masa Kesetiaan Mahasiswa Mahasiswa)
Jumat-Sabtu, (27-28/9/2019) di Kantor MWC NU Kertosono.

PKPT ( Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi ) IPNU IPPNU STAIM Nglawak merupakan salah satu kepengurusan IPNU IPPNU di tingkat perguruan tinggi yang ada di Jawa Timur.

Jawa Timur sendiri telah banyak didirikan PKPT dan jumlahnya terus bertambah dari waktu ke waktu. Sedikitnya ada sekitar 58 PKPT yang telah berdiri baik di perguruan tinggi swasta maupun negeri.

Untuk diketahui, PKPT merupakan wadah bagi para mahasiswa yang ingin tetap berkecimpung di dunia ke-IPNU IPPNU-an di ranah kampus. Dengan berdirinya PKPT di suatu perguruan tinggi diharapkan agar para mahasiswa dapat membentengi diri dan kampus dari pengaruh paham radikal dan doktrin – doktrin yang bertentangan dengan haluan ahlussunnah wal jama’ah. Berdirinya PKPT disinyalir sangat berguna dalam mengembangkan intelektualitas para mahasiswa skader IPNU IPPNU untuk dapat bertindak lebih kritis dan kreatif.

Berkaitan dengan pergantian tahun akademik, PKPT IPNU IPPNU STAIM telah melakukan jenjang pengkaderan pertama yakni makesta mahasiswa yang ditujukan untuk memperkenalkan PKPT kepada mahasiswa baru serta merekrut kader untuk kepengurusan PKPT selanjutnya. Makestama ini dilaksanakan pada Jum’at – Sabtu, 26 – 27 September 2019 dengan peserta sebanyak 9 orang. Walaupun jumlah peserta yang demikian, tidak menyurutkan semangat mereka untuk menimba ilmu dari para pemateri.

Ada 6 materi yang disampaikan yakni : wawasan kebangsaan ( Zainal Arifin, M.Pd.I ), aswaja dan ke-NU-an ( Ketua MWC NU Kertosono ), ke-IPNU IPPNU-an ( PC IPNU IPPNU Kab Nganjuk ), ke-PKPT-an ( Korda PKPT Mataraman ), penulisan karya ilmiah ( Barid Nizaruddin, MA ) dan keadministrasian ( Umar Fauzi, M.Pd ).

Dalam kesempatannya, Ketua Tanfidziah MWC NU Kertosono H. Ahmad Mudawim, memberikan motivasi kepada peserta yang hadir.

“Pada zaman saya kuliah dulu belum ada kepengurusan IPNU IPPNU di tingkat perguruan tinggi. Dulu adanya PMII, HMI dan sebagainya, jadi yang namanya PKPT belum ada. Kalian sebagai mahasiswa tentunya patut bersyukur karena sekarang sudah ada wadah tersendiri bagi para kader IPNU IPPNU di tingkat perguruan tinggi. Manfaatkan peluang dan teruslah berproses,” pesannya.

Disisi lain, pihak STAIM dan MWC NU Kertosono sangat mengapresiasi terselenggaranya makestama ini dan berharap agar makestama diadakan secara rutin setiap tahunnya guna menjaring para mahasiswa baru agar menjadi kader IPNU IPPNU yang lebih militan dan mampu mewarnai dunia akademik kampus melalui PKPT IPNU IPPNU.

Kontributor : Azizah
Editor : Haafidh Yusuf

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *