Peserta Antusias Ikuti Pawai Ta’aruf Hari Santri Nasional 2019 di Sukomoro

Sukomoro, 27 Oktober 2019

Kegiatan Pawai Hari Santri Nasional (HSN) 2019 kembali tunjukan pesonanya. Kali ini pawai ta’aruf dilaksanakan kompak oleh MWC NU Sukomoro, Lazisnu, Muslimat, Fatayat, IPNU dan IPPNU serta Banom lainya se Kecamatan Sukomoro. Terutama Ansor dan Banser tampak mendukung penuh kegiatan ini dengan mengamankan jalannya acara, sejak start di Lapangan Kelurahan Kapas, Kecamatan Sukomoro dan finish di Lapangan KUD Sukomoro, pada Hari Minggu (27/10).

Agenda Pawai HSN 2019 di Sukomoro juga mendapat dukungan penuh oleh Camat Sukomoro, Kapolsek dan Koramil Kecamatan Sukomoro. Total peserta hadir dan mengikuti arak-arakan pawai ta’aruf HSN 2019, terdiri dari 46 lembaga di antaranya muslimat, Lazisnu, fatayat, IPNU, IPPNU, Ansor, dan juga perguruan Pagar Nusa (PN). Selain dari unsur dan Banom NU, santri hadir dari Perguruan silat Setia Hati (SH) dan juga dari lembaga pendidikan yaitu dari MA, MTs, MI, Madrasah Diniyah, TPQ, dan TPA.

Penampilan peserta semakin atraktif dengan gelegar suara genderang drumb band dari MI Blitaran, drum band dari PP. Al Islam dan yang lainnya sejak dari sart upacara pemberangkatan. Selain itu, semangat resolusi jihad juga ditampakan, dengan panduan MC saudara Amirudin dan dirijen Luluk Rohanida, peserta kompak menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Yalal Wathon.

Sambutan positif ditunjukan dari Panitia Bapak Sudiro, MWC NU Sukomoro Bapak H. M. Afandi, dan Camat Sukomoro yang diwakili oleh Bapak Dupri. Peserta kemudian diberangkatkan oleh Camat Sukomoro, sebelumnya acara pemberangkatan ditutup dengan Do’a oleh KH. Kurdi.

Antusiasme warga tampak kala menghadiri kegiatan pawai ta’aruf HSN 2019 Kecamatan Sukomoro. Lembaga-lembaga juga semangat untuk menghadiri acara tersebut. Sebagai wujud apresiasi, panitia menyediakan hadiah yg tak kalah menarik, yaitu sebuah piagam penghargaan ketika peserta arak-arakan telah mencapai finish.

M. Saiful Huda peserta pawai ta’aruf HSN 2019 Kecamatan Sukomoro mengungkapkan bahwa pawai ta’ruf memang menjadi agenda yang ditunggu masyarakat. Sehingga pesertapun antusias mengikutinya.

“Pawai ta’aruf ini memang agenda yang ditunggu-tungu. Sehingga dapat menambah semangat santri untuk menempuh ilmu di Madrasah Diniyah maupun TPQ. Antusias peserta juga tinggi, harapan tahun depan dapat dilaksanakan kembali dengan konsep yang lebih menarik.”, ungkapnya.

Lanjut Saiful menyatakan harapan pawai ta’aruf menjadi tonggak semangat santri Sukomoro dalam membela NKRI dan ajaran Islam Ahlussunnah Waljamaah an Nahdliyah.

“Semoga dengan adanya acara HSN ini menjadi syiar yang diridhoi Allah. Semoga dengan ridho Allah, Kecamatan Sukomoro menjadi daerah santri yang sejati menjadi pembela NKRI, baldatun warobbun ghofur ala ahli sunnaah waljama’ah an nahdhiyaah.”, pungkasnya.(da)

Kontributor: Luluk Rohanida (PAC IPPNU Sukomoro)
Editor: Moh. Maftuhul Khoir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *