Peringati HLH 2020, Forkopimcam Ngluyu bersama Ansor dan Banser Tanam 1000 Pohon

Ngluyu, 10 Januari 2020

Tanggal 10 Januari diperingati sebagai hari Lingkungan hidup Indonesia. Hari Lingkungan hidup juga bisa disebut Hari Gerakan Sejuta Pohon Sedunia. Setiap tanggal ini kita diingatkan betapa pentingnya melestarikan pohon.

Pohon merupakan tumbuhan yang punya manfaat besar bagi kehidupan manusia. Melalui pohon,  kandungan Karbondioksida (CO2) dalam air dapat berkurang dan Oksigen di udara bertambah untuk manusia dapat bernafas.

Selain itu, pohon yang tumbuh dalam jumlah besar seperti hutan pinus, mampu membuat 60 persen air hujan bisa terserap oleh tanah. Khususnya untuk spesies hutan berdaun lebar dan tajam bahkan mampu menyerap hingga 80 persen air hujan. Hal ini bisa meningkatkan pasokan air untuk keberlangsungan hidup manusia.

Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda Ansor serta Satkoryon Banser Ngluyu melakukan penanaman pohon bersama Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (FORKOPIMCAM) Ngluyu dan masyarakat Ngluyu, Nganjuk pada Jumat, (10/01/2020). Penanaman secara resmi dimulai di Dusun Puncu, Desa Gampeng, Kecamatan Ngluyu.

Camat Ngluyu Sujito, menjelaskan kegiatan tersebut merupakan bentuk kepedulian lingkungan dan rehabilitasi sumber mata air. Ia mengatakan, ada kurang lebih 1000 Pohon yang terdiri dari Pohon Trembesi dan Pohon Randu Alas.

“Kegiatan ini merupakan bentuk kecintaan kepada lingkungan dan dalam rangka rehabilitasi sumber mata air agar kedepan sumber mata air yang berada di Kecamatan Ngluyu tidak mengalami kekeringan,” jelasnya.

Selain itu, Sujito mengatakan bahwa telah ditemukan sumber air baru di daerah tersebut. Menurutnya, dengan adanya penanaman pohon dapat membantu menjaganya.

“Kami juga telah menemukan sumber mata air di daerah ini sebanyak dua titik. Harapannya dengan kegiatan ini dapat membantu menjaganya agar tetap lestari,” imbuhnya.

GP Ansor Ngluyu bersama Masyarakat

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Forkopimcam Ngluyu, GP Ansor Ngluyu, Banser, Perum Perhutani, BKPH Krondong, Pemerintah Desa se-Kecamatan Ngluyu, IPSNU Pagar Nusa, BPBD, Pramuka SDN Gampeng IV, dan Masyarakat Kecamatan Ngluyu pada umumnya.

Terpisah, Ketua GP Ansor Ngluyu Haafidh Yusuf, berharap agar kegiatan tersebut dapat berlanjut serta dapat membantu mengurangi bencana alam.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat istiqomah serta dapat membantu menanggulangi bencana tanah longsor dan banjir,” harapnya.

Editor : Thoyib Jiddan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *