Pendekar Pagar Nusa Beraksi Hajar Pandemi

Rejoso, 05 April 2020

Upaya Pencegahan Rantai Penyebaran Pandemi Virus Corona Disease 2019 (COVID-19), Pengurus Ranting Pagar Nusa (PN) Desa Gempol Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk, kompak melakukan aksi sosial dengan penyemprotan disinfektan ke rumah-rumah warga, pusat keramaian dan tempat umum lainnya, pada Ahad (05/04/2020) pagi ini.

Tak hanya bela diri dan latihan ilmu kanuragan, Banom Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) ini juga menunjukan kepedulian sosialnya. Terbukti berperan aktif melakukan aksi secara swadaya, baik warga Pagar Nusa maupun siswa membawa alat semprot dari rumah masing-masing, serta melakukan penyemprotan cairan disinfektan.

Selama aksi, pendekar PN bergerak bersama secara tertib. Mereka melakukan penyemprotan cairan disinfektan, dengan tujuan agar merata seluruh rumah warga dan tempat umum, dan tidak ada yang terlewatkan dari sterilisasi.

Kang Wito Warga PN selaku koordinator lapangan dalam kegiatan ini menyampaikan, bahwa kegiatan ini sebagai langkah awal untuk melakukan pencegahan agar virus-virus yang ada ditempat ibadah, rumah warga dan tempat umum lainya mati sehingga semuanya akan aman dari virus, termasuk Covid-19.

“Dengan adanya kegiatan ini, membuat warga masyarakat senang dengan kesigapan Ranting Pagar Nusa dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19.” ujarnya.

Terkait pembuatan cairan disinfektan, Kang Wito menjelaskan bahwa dirinya telah berkoordinasi dengan satgas Covid-19 di tingkat pemerintah Desa.

Menambahkan, Hari selaku Ketua Ranting Pagar Nusa Desa Gempol menyampaikan, bahwa upaya penyemprotan cairan disinfektan merupakan hasil kesepakatan rapat. Ini juga sebagai bentuk ajakan dan imbauan kepada masyarakat untuk senantisa menerapkan pola hidup bersih, dan pola hidup sehat.

“Kami juga mengajak kepada warga masyarakat khususnya anggota Ranting Pagar Nusa Desa Gempol, untuk mematuhi keputusan pemerintah dalam menanggulangi covid19, dengan tetap waspada jangan panik dan juga menerapkan physical distancing, menghindari bepergian jauh untuk sementara waktu serta dirumah aja, agar terhindar dari covid-19,”, pungkas Kang Hari ketua PSNU PN Ranting Gempol.(zh)

Kontributor: Zainul Hasan
Editor: Moh. Maftuhul Khoir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *