PAC IPNU IPPNU Ngetos Siapkan Kader Militan Alumni LAKMUD 2020

Ngetos, 15 Maret 2020

Dalam menuntaskan program kaderisasi formal PAC IPNU IPPNU Ngetos masa khidmad 2018-2020 menggelar Latihan Kader Muda (LAKMUD) sebagai program prioritas pengkaderan. Kegiatan yang dilaksanakan di Madrasah Diniyah (Madin) Sabilul Huda Desa Kuncir, Kec. Ngetos Nganjuk ini berjalan sejak hari Jum’at hingga Hari Ahad (13-15/03/2020).


Kegiatan yang dibuka langsung oleh Ketua MWC NU Ngetos ini disertai pelantikan Pimpinan Ranting (PR) IPNU IPPNU Desa Kepel dan Klodan, serta Pimpinan Komisariat (PK) MA & SMK Al-Amin. Dalam sambutanya beliau berpesan agar mengikuti kegiatan Lakmud dengan sungguh-sungguh, karena IPNU IPPNU merupakan penerus perjuangan NU di masa yang akan datang.


“kalian yang ada disini merupakan penerus perjuangan Nahdlatul Ulama’ (NU) maka kalian harus belajar dengan sungguh-sungguh”. Tutur Gus Subhan Ketua MWC NU Ngetos ini.


Tak lupa dari pengurus Cabang IPNU IPPNU Kabupaten Nganjuk juga memberi pesan kepada pengurus PK dan PR yang baru dilantik agar roda kepengurusan dijalankan dengan penuh tanggung jawab.


“selamat kepada pengurus ranting dan komisariat IPNU IPPNU yang baru dilantik, semoga amanah yang diberikan bisa merealisasikan roda kepengurusan dengan rasa tanggung jawab”. Sambut Ahmad Syafii Sulaiman, orang nomor satu di PC IPNU Kabupaten Nganjuk ini.

Lakmud di Ngetos Tuntaskan Kurikulum Baru


Kegiatan lakmud yang berjalan selama 3 hari ini, peserta di gembleng dengan beberapa materi untuk menguatkan ketrampilan berorganisasi sebagai upaya pengembangan diri dan standart pengembangan kader. Adapun materi tersebut diantaranya adalah Aswaja II, Ke-NUan II, Ke-IPNU IPPNUan II, Manajemen Konflik, Foundraising, Networking Lobying, Analisis Media, Scientifik dan belasan materi lainnya.


Kegiatan yang dipersiapkan selama 3 bulan ini dikemas secara penataan yang rapi, sebelum kegiatan ini berlangsung ada beberapa tahap yang harus dilalui oleh peserta Lakmud ini. Diantaranya panitia sangat selektif dalam menerima peserta, terdapat tahap screening yang harus di jalani peserta. Hal ini bertujuan agar peserta tidak meremehkan pelatihan tingkat kader ini.


“kami tidak ingin para peserta lakmud ini ketika dihadapkan dengan beberapa materi yang akan diberikan narasumber dalam pelatihan merasa berat dan belum siap menerimanya, oleh karena itu kita adakan screening dan pembekalan kepada peserta.” Ujar Muklas Ary Sona selaku Ketua PAC IPNU Ngetos yang beberapa bulan lagi domisioner.


Dalam latihan kader muda ini tidak berhenti dalam 3 hari saja, namun ada tindak lanjut pasca Lakmud ini. Ada hal yang berbeda dalam rencana tindak lanjut (RTL) yang dilakukan oleh panitia, pasalnya alumni lakmud harus mampu memberikan kontribusi untuk pneyelamatan bumi. Yakni alumni Lakmud diharuskan membibit tanaman yang bisa meyimpan air.


“memang RTL yang kita berikan kepada alumini lakmud terkesan aneh, selain harus mengikuti pelatihan yang akan direncanakan PAC IPNU IPPNU Ngeos, peserta lakmud harus bisa membuat bibit pohon beringin dan atau termbesi.

“Walaupun hal kecil ini terkesan remeh, setidaknya kita sudah berkontribusi untuk bumi kita.” Ucap Afandi Nurrohman sebagai Waka 1 bidang Kaderisasi yang merangkap sebagai ketua pelaksna Lakmud tersebut.


Kegitan Lakmud yang ditutup pada hari ahad (15/03) ini diapresiasi oleh beberapa narasumber atas pelaksnaannya dan diikuti dengan atusias oleh peserta. Dan kegiatan ditutup dengan pengukuhan oleh PC IPNU IPPNU Kabupaten Nganjuk. (muk)

Kontributor: Muklas Ary Sona

Editor: Moh. Maftuhul Khoir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *