Optimalkan Peran Guru dalam Belajar Daring, Pergunu Nganjuk Gelar Pelatihan

Loceret | nunganjuk.or.id – Pimpinan Cabang Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (PERGUNU) Kabupaten Nganjuk berupaya meningkatkan kemampuan Guru melalui pelatihan pendidikan jarak jauh pada Senin, (3/8/2020) pagi.

Acara dibuka oleh Ketua Pergunu Kabupaten Nganjuk Azis Kabul. Sebelum dimulai, ia mengajak hadirin membaca istighotsah dan mengirim doa kepada para muasis Nahdlatul Ulama. Bahkan, ia mengaku jika tradisi istighotsah selalu ia lakukan bersama anggotanya sebelum melakukan kegiatan sebagai upaya syiar.

“Selain sebagai ajang silaturahim para guru dan pengurus Pergunu Kabupaten Nganjuk, acara ini juga bertujuan membekali guru guru tentang bagaimana metode dan strategi pembelajaran jarak jauh yang efektif, menyenangkan dan diminati oleh banyak siswa,” terangnya di Aula RA Khadijah Miftahul Ulum, Loceret, Nganjuk kepada Redaksi

Selain itu, ia menambahkan, kendala yang dihadapi dalam kegiatan pendidikan dari jarak jauh (PJJ) di antaranya stabilitas jaringan, pemanfaatan teknologi yang belum optimal, kompetensi digital Guru yang masih rendah, dan peningkatan beban biaya pembelajaran.

“Acara yang kita selenggarakan dipagi hari ini sebagai respon dari harapan para guru yang mengeluhkan tentang bagaimana cara pengajaran yang efektif dan efisien untuk situasi pademi seperti ini,” imbuhnya.

Sementara itu, narasumber pelatihan Juni Iswanto, mengajak kepada peserta pelatihan untuk berkontribusi mencerdaskan kehidupan bangsa melalui program-program inovatif yang dicetuskan Pergunu.

“Pergunu merupakan organisasi berbasis massa guru yang besar dimana didalamnya sangat heterogen mulai dari guru nonformal sampai guru formal, mulai dari guru ngaji sampai dosen. Intinya pergunu tempatnya orang orang pintar ayuk kita manfaatkan organisasi besar ini untuk memintarkan masyarakat. Seperti acara dihari ini kongkrit acara yang luar biasa sehingga perlu untuk diistiqomahkan,” tegasnya.

Acara dihadiri oleh 30 orang yang merupakan pengurus Pimpinan Cabang Pergunu Kabupaten Nganjuk dan tamu undangan dari unsur lembaga pendidikan setempat. (tyb)

Redaktur : Toyib Jiddan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *