NU Sawahan Peduli dan LPKS Siapkan Persediaan Hand Sanitizer Herbal

Sawahan, 24 Maret 2020

Merebaknya virus corona akhir-akhir ini menyebabkan beberapa daerah mengalami kelangkaan persediaan, khususnya masker dan hand sanitizer. Bertujuan mengantisipasi hal itu terjadi, PAC Fatayat NU Sawahan bersama Lembaga Pelatihan Kerja Swasta (LPKS), menggelar pelatihan pembuatan Hand Sanitizer Herbal, dengan bahan yang ada disekitar pemukiman, pada Selasa (24/03) pagi ini, di Dusun Gimbal Desa Ngliman Kecamatan Sawahan,

Ketua PAC Fatayat NU sawahan yang turut mendampingi Instruktur ahli selama kegiatan, ia menyatakan bahwa pelatihan pagi ini sebagai bentuk Ikhtiyar dalam pencegahan corona dan mengurangi kepanikan masyarakat. Tergabung dalam wadah NU Sawahan Peduli bersama warga Nahdliyin kader NU dan ibu Muslimat Fatayat NU Kecamatan Sawahan, dalam menanggulangi Corona dengan bahan herbal.

“Tidak perlu ada kepanikan yang berlebihan, agar terjaga psikologis masyarakat tidak menjadi resah karena takut kehabisan stok Hand Sanitizer.”, ungkapnya.

Sementara itu, Asih Widiyani herbalis muslim dari LPKS menjelaskan bahwa bahan herbal memiliki banyak manfaat dari sisi medis maupun ekonomis. Sehingga tidak kalah dengan Hand Sanitizer dari bahan kimia.

Bahkan, lanjut Asih mengungkapkan bahwa produk herbal dari LPKS saat ini telah masuk pasar Internasional karena kualitasnya yang baik. Terbukti dengan berbagai penghargaan dari pemerintah yang telah diterima, dan menjadi percontohan herbalis di Nganjuk baik panti sehat griya sehat maupun tempat terapi.

“Produk kami sudah memasuki pasar internasional, berkerja sama Pondok Baitul Quran ke Singapura Thailand dan Hongkong. Insyallah seluruh Indonesia dan Jawa timur sudah semua,”, terangnya.

Bahan pembuatan Hand Sanitizer Herbal tersebut berupa tanaman sirih, lidah buaya, dan kemangi. Hasil pelatihan selanjutnya dapat diambil secara gratis, untuk pemasangan di masjid, toko maupun ruang publik yang lain.

Kontributor: Dewi Mas’ula dan Badrus Syafa’
Editor: Moh. Maftuhul Khoir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *