NU Sawahan : Corona Datang Jamu Menghadang

Sawahan | nunganjuk.or.id – Dunia tengah berupaya melakukan tindakan preventif demi menghalau masuknya virus corona. Khususnya di Jawa Timur, eksistensi jamu kembali naik daun ditengah rentetan cara menjaga imunitas tubuh agar tak tersentuh virus yang terbilang berdampak pada pernapasan tersebut.

“Jamu memang naik daun terkait infeksi corona sejak Prof. Nidom memperkenalkan empon-empon sebagai sumber senyawa aktif curcumin,” kata Koordinator Satgas Tanggap Covid-19 MWC NU Sawahan Badrus Syafak lewat pesan WhatsApp pada nunganjuk.or.id Rabu,(15/4/2020) malam.

Kendati demikian, Badrus Syafak menjelaskan, secara umum, jamu yang terdiri dari tanaman-tanaman obat kaya akan vitamin, mineral, dan zat-zat aktif memang memiliki khasiat sebagai antioksidan yang mampu mengaktifkan imunitas tubuh demi menangkal infeksi virus.

“Menurut literasi yang saya baca, jamu dapat menjadi anti-inflamasi yang dapat mencegah kerusakan atau peradangan sel akibat penyakit infeksi virus. Juga, akan membantu mengatasi gejala batuk, pilek, meriang atau demam, sesak nafas, sakit kepala, lemas, dan mual yang sering meyertai penyakit infeksi virus, serta mempercepat proses pemulihan,” paparnya mantap.

Bahan dasar jamu terdiri dari jahe, kunyit, lengkuas dan kencur. Pembuatan Jamu ala NU Sawahan dibuat di kantor Majelis Wakil Cabang (MWC) Nahdlatul Ulama Sawahan oleh kader Fatayat, Muslimat NU, GP Ansor, Banser dan badan otonom NU Sawahan lainnya.

“Setelah jadi, jamu ini akan kita kemas dalam varian botol yang akan kita bagikan gratis dalam rangka tanggap Corona COVID-19,” tutupnya.(fid)

Redaktur/Editor : Hafidz Yusuf

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *