NU Peduli LPBI NU Nganjuk siap kerahkan dan distribusikan Ratusan ribu air bersih untuk Bencana kekeringan Nganjuk

Bencana kekeringan yang melanda di sejumlah wilayah kabupaten nganjuk mengakibatkan masyarakat kesulitan mendapatkan air bersih. Wilayah yang terdampak cukup menderita terdapat di kecamatan Ngluyu, Jatikalen dan lengkong. Melihat situasi dan kondisi yang dialami masyarakat di kabupaten Nganjuk, Organisasi Nahdlatul Ulama kabupaten Nganjuk (PC NU Nganjuk) melalui Nu  Peduli LPBI NU kabupaten Nganjuk merespon dengan memberikan bantuan air bersih pada masyarakat di 4 kecamatan diantaranya Kecamatan Lengkong Desa Ngepung Dusun Sendanggogor, Jatikalen didesa Pule, Kecamatan Loceret di desa geneng, dan Kecamatan Ngluyu yang tersebar di Desa gampeng, Tempuran dan Lengkonglor.

Pendistribusian dilaksanakan mulai Minggu (22/9/2019) hingga sabtu (5/10/2019) dengan jumlah air bersih yang dibagikan mencapai lebih dari 200 ribu liter.Pemberangkatan armada distribusi air bersih dilakukan secara resmi oleh Ketua Tanfidyah PC NU KH Bisri hisyam yang didampingi ketua LPBI NU Nganjuk M Subhan dan Pembina Abd.Syukur Junaedi serta beberapa pengurus dan relawannya. Turut hadir kepala dinas sosial Nafhan Tohawi dan  perwakilan Kwarcab Gerakan Pramuka Sopingi. Pengawalan distribusi air dilakukan pendampingan dari LPBI NU jawa Timur dan Kerjasama BPBD kabupaten Nganjuk.

Dalam sambutannya, Bisri Hisyam menyampaikan apresiasi kepada LPBI NU Nganjuk beserta jajaranya atas respon cepat dalam melihat kesulitan yang dirasakan masyarakt.

“Ekspos kegiatan bukan sebagai show saja, namun diharapkan kehadiran lembaga ini juga  sebagai wujud upaya NU mengangkat kesejahteraan sesama umat, dan ikut peduli atas penderitaan yang dialami oleh masyarakat”sambutnya.

Ketua LPBI NU Nganjuk M Subhan saat ditemui usai distribusi di wilayah tempuran Kecamatan Ngluyu mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan hanya meringankan keluhan masyarakat terhdap kesulitan memperoleh air bersih. ditambahkan, dalam waktu dekat LPBI NU Nganjuk berupaya mencari Solusi bagamaina masyarakat memilki sumber air sendiri dan tidak menggantungkan diri dengan program droping air yang bersifat sementara.

“Rencananya LPBI NU Nganjuk menggandeng pihak swasta penggunaan teknologi Geo listrik untuk mencari sumber mata air di wilayah bencana kekeringan dan melakukan pengeboran di beberapa titik serta akan memberikan edukasi kepada masyarakat akan pentingnya menjaga kelestarian alam melalui penghijauan sebagai upaya melestarikan resapan air utk ketersediaan air pada musim kemarau sehingga bencana kekeringan dan kekurangan air tidak terjadi kembali” tandasnya.

Proses distribusi air bersih yang dilakukan LPBI NU Nganjuk mendpatkan respond an apresiasi dari warga sekitar lokasi kekeringan, merek berebut disaat Mobil Tangki yang mengangkut 5000 liter air tiba di setiap tendon air. Warga lengkong lor gantiarno (58th) menyampiakan terima kasih atas bantuan yang diberikan kepadanya mengingat sejak bulan juli warga sudah kesulitan air bersih.

Perwakilan Kwarcab Pramuka kabupaten Nganjuk Sopingi yang turut membantu proses distribusi di lengkong lor mengaku kepedulian LPBI NU Nganjuk terhadap masyarakat lengkong lor ini memberikan contoh dan inspirasi bagi gerakan Pramuka. Lebih lanjut,  Nantinya dia akan menyampaikan kepada beberapa Gugus Depan melalui satgasnya Brigade Penolong akan bergabung dan ikut peduli mendukung program LPBI NU Nganjuk seperti yang dilaksanakan hari ini.(ans)

Sumber: http://indonesiasatu.co.id/news/detail/nu_peduli_lpbi_nu_nganjuk_siap_kerahkan_dan_distribusikan_ratusan_ribu_air_bersih_untuk_bencana_keke

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *