NU AWARD

Penulis: Ali Anwar Mhd

Melihat judul tersebut, bagi orang di luar NU memang masih asing, namun bagi kalangan Nahdliyin struktur (pengurus), sudah tidak asing lagi. Jangankan orang di luar NU, bagi warga (jama’ah) Nahdliyin kultural saja mungkin juga masih merasa asing. Pasti bertanya-tanya, apa itu NU Award.

NU Award adalah penghadiahan atau penghargaan oleh pengurus (struktur) NU yang lebih tinggi kepada pengurus (struktur) yang berada dibawahnya. Struktur tingkat provinsi memberi penghargaan kepada pengurus tingkat kabupaten atau kecamatan sampai desa. Tingkat kabupaten memberi penghargaan kepada tingkat kecamatan atau desa bahkan dusun.

Bagaimana cara memberi hadiah atau penghargaan dan apa tujuannya? Pemberian hadiah atau penghargaan dilaksanakan dengan cara/bentuk kegiatan yang dilombakan dengan pendekatan penilaian pengelolaan organisasi dan penataan tertib administrasi di internal Nahdlatul Ulama (NU).

Kegiatan NU Award bertujuan untuk membangun semangat atau motivasi dalam mengelola organisasi dengan menata manajemen ke-administrasi-an organisasi di berbagai bidang. Baik dokumen SDM, Keuangan, kaderisasi, iventaris, kemandirian, pengembangan organisasi dll.

Kegiatan NU Award di Jawa Timur (PW NU) sudah dilaksanakan sejak sekitar 2 atau 3 tahun silam. Di Nganjuk (PC NU) mulai melaksanakan tahun 2019 kemarin. Dengan peserta struktur MWC NU (struktur NU tingkat Kecamatan). Untuk tahun ini (2020) dilaksanakan dua tahap, tingkat Kabupaten dan kecamatan (PC NU dan MWC NU).

Untuk tingkat kecamatan yang diselenggarakan oleh MWC NU masing-masing dengan diikuti oleh pengurus NU tingkat desa (ranting). Untuk tingkat kabupaten diikuti oleh pengurus ranting juara 1 di masing-masing kecamatan (MWC NU), lembaga dan badan otonom ditingkat kecamatan, dan diikuti oleh seluruh MWC NU se-kabupaten.

Setelah selesai ditingkat kabupaten, dilanjutkan untuk mengikuti NU Award di tingkat provinsi (PW NU), dengan cara mengirim satu delegasi pengurus ranting NU juara 1 di tingkat kabupaten, satu delegasi MWC NU juara 1 di tingkat kabupaten, lembaga dan badan otonom NU tingkat kabupaten, serta PC NU.

Di kabupaten Nganjuk, hari ini sudah proses pelaksanaan tahap pengisian instrumen oleh para pengurus ranting (PR NU), dan tahapan sosialisasi tingkat kecamatan untuk calon peserta tingkat kabupaten. Sekali lagi NU Award adalah bertujuan untuk membangun semangat dalam menata pengelolaan organisasi dan perapian administrasi.

Saya yang diberi amanah kedua kalinya (2019 dan 2020) untuk menjadi koordinator pelaksanaan NU Award PC NU Kabupaten Nganjuk, tentu berharap bagaimana pelaksanaan NU Award di tahun 2020 lebih baik dan lebih sukses.

Jika tahun 2019 bisa mengantarkan MWC NU kecamatan Prambon Nganjuk yang menjadi juara 1 di tingkat kabupaten dan menjadi juara 2 MWC NU se Jawa Timur, serta mengantarkan 4 lembaga dan badan otonom masuk nominator grand final. Di tahun 2020 semoga bisa lebih dari yang sudah dicapai pada tahun 2019.

Selamat ber-NU Award, semoga semakin semangat dan semakin baik dalam mengelola organisasi dan semakin rapi dalam administrasi. Jika semuanya tertata rapi tentu akan lebih mudah untuk mencapai tujuan organisasi. Tujuan mulia organisasi kebanggaan kita adalah berjalannya ajaran ahlussunah wal jamaah an nahdliyah di bumi pertiwi dan tegaknya NKRI.

Nganjuk, 12 Februari 2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *