Ngaji Taysirul Kholaq, Gus Najib : Berhasil Bukan Hanya Modal Kepintaran, Malainkan Sebab Adab Dan Tatakrama Kita

Berbek | nunganjuk.or.id – Program ramadhan PAC IPNU IPPNU Berbek jalan terus. Kegiatan bertema waka dakwahku ngaji, pada Rabu (06/05/2020) malam kali ini melanjutkan kajian kitab Taysirul Kholaq bab 3 dan 4 secara Online. Gus Najib Nabata sebagai qori’ menjelaskan bahwa keberhasilan tidak serta merta sebab kepintaran dan kecerdasan.

Berdasarkan Pantauan redaksi NU Online Nganjuk di ruang media center IPNU Ranting Cepoko, lokasi yang digunakan siaran live ke Facebook dan Instagram, Gus Najib mulai membaca dan menjelaskan isi kitab Taysirul Kholaq.

Bab 3 berisi adab seorang pelajar, santri atau muta’allim. Gus Najib menjelaskan adab – adab seorang santri dan pelajar. Didampingi ketua IPNU PAC Berbek Sofatul Zakia dan Wakabid Kaderisasi Moh. Maftuhul Khoir. Pada muqoddimahnya, Gus Najib mewanti-wanti untuk menjaga adab dan tatakrama dalam belajar, agar menuai kesuksesan kelak.

“Ini sangat penting, berhasil bukan hanya modal kepintaran, malainkan juga sangat ditentukan oleh sebab adab dan tatakrama kita.”, tegas Gus Najib.

Selain itu, secara rinci Wakil Ketua Bidang Dakwah PAC IPNU IPPNU Berbek ini jelaskan adab santri dan pelajar diantaranya adalah meyakini keutamaan guru, artinya tidak kalah dalam mengutamakan guru dari pada kedua orang tua.

“Sebab guru adalah yang mendidik jiwa kita”, terang Gus Najib.

Lanjut penjelasan, santri harus meninggalkan bercanda dalam belajar, serta jangan memuji guru lain dihadapan guru.

“Sebab ditakutkan guru berasumsi si murid mencela kepada guru, sehingga penting menjaga perasaan beliau.”, jelasnya.

Adab yang juga penting menjadi pedoman santri dan pelajar yakni, jangan malu bertanya tentang pelajaran yang belum mengerti. Serta menjaga tatakrama bersama teman antar sesama pelajar, dengan cara saling menghormati.

“termasuk pada teman kategori Bathiil fahmi, kendo fahame tidak boleh dihina.sebab menghina dapat menjadi timbul permusuhan.”pungkas Gus Najib yang juga Alumni Ponpes Salaf Pacul Gowang Jombang, pada bab 3 kitab Taysirul Kholaq.

Selanjutnya Qori’ menjelaskan bab 4, berisi adab dan hak kepada orang tua hingga usai pada 21.00 WIB.

Bagi yang tidak mengikuti secara Live kegiatan ini, dapat menonton secara delay klik disini menuju akun Instagram dan Facebook PAC IPNU IPPNU Berbek .(tuh)

Redaktur/ Editor : Moh. Maftuhul Khoir
(Wakabid Kaderisasi PAC IPNU Berbek)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *