Nahkoda Baru PERGUNU Kabupaten Nganjuk

Patianrowo, 11 Desember 2019

Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (PERGUNU) Kabupaten Nganjuk sukses gelar Seminar Pendidikan Aswaja dan Konferensi PERGUNU Kabupaten Nganjuk, di aula SMP IT Al-Qomar Pakuncen Patianrowo Nganjuk, pada hari Selasa (10/12). Konferensi ini guna mencari Sosok Nahkoda baru bagi organisasi pendidik yang mampu meningkatkan kualitas pendidikan, terutama yang berada dalam naungan organisasi Nahdlatul Ulama (NU).

Jumlah peserta hadir sekitar 500 orang, terdiri dari seluruh pengurus pergunu Kab. Nganjuk, tamu undangan baik dari pengurus NU, Muslimat, Fatayat, IPNU, IPPNU, PMII, BEM STAIM, Mahasiswa STAIM, pengurus OSIS SMA/SMP, guru madin, guru TPQ dari lembaga pendidikan se Kecamatan Patianrowo.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua PCNU Nganjuk KH. Bisri Hisyam membuka ceremonial acara. Dalam sambutannya Kyai Bisri berharap kepemimpinan kedepan dapat lebih peka merespon dinamika pendidikan di Kabupaten Nganjuk, terutama tentang ke NU-an.

“Acara ini sangat luar biasa, semoga melahirkan pemimpin-pemimpin Pergunu yang baru, yang lebih baik dari sebelumnya.  Saya menitip pesan agar Pergunu kedepan harus lebih responsip akan situasi dan kondisi saat ini, dan kita harapkan Pergunu membuat kegiatan-kegiatan khusus untuk anak didik, berkaitan dengan pembelajaran ziarah-ziarah pendiri NU.”, tutur Kyai Bisri.

Sebagai agenda periodik pergantian kepengurusan Pergunu tingkat Kab. Nganjuk, acara ini juga terdapat kegiatan seminar sebagai sarana para guru untuk berdiskusi dan merespon akan adanya isu-isu yang terkini, terutama tentang ke NUan. Serta tujuan kegiatan seminar ini juga sebagai bekal materi ke keaswajaan untuk para guru di Kab. Nganjuk.

Acara inti Konferensi Pergunu Cabang Nganjuk dipimpin langsung oleh Sekretaris PW. PERGUNU Jawa Timur M. Faqih, M.PdI. Pada sesi pemilihan ketua Cabang Pergunu Kabupaten Nganjuk, Aziz Kabul Budiono, M.Si terpilih secara aklamasi sebagai Ketua PERGUNU cabang Nganjuk Periode 2020-2025.

“Saya berharap Nganjuk lebih baik dari Pergunu kabupaten/ kota yang lain. Bangun sinergi dengan pengurus PC NU dan muslimat yang memiliki banyak lembaga TK dan LP Ma’arif yang menaungi banyak lembaga pendidikan. Buat kegiatan paling tidak 1 bulan 1 kali kegiatan.  kegiatan tidak harus mengeluarkan banyak uang, kerjasama dengan pemerintah, kerjasama dengan pesantren, dll. tetap semangat, bergerak, dan menggerakan.“, ungkap Gus M. Faqih pengurus Pergunu Jawa Timur.

Sementara itu, ketua terpilih Pergunu Kab. Nganjuk Aziz Kabul Budiono, M.Si, dalam sambutan pertamanya menyatakan komitmen akan berusaha dalam menjalin komukasi serta mewujudkan harapan PCNU Nganjuk dan PW Pergunu Jatim.

 “Terima kasih pada semua peserta dan ajakan untuk kerjasama kedepan meningkatkan kegiatan PERGUNU Nganjuk. Agenda kedepan dapat mewujudkan harapan PCNU Nganjuk dan PW. PERGUNU Jawa TimurTimur.”, tegasnya.

Mantan Ketua PC PMII Nganjuk ini berkomitmen akan membawa PERGUNU dengan melibatkan seluruh elemen NU secara suka rela menghidupkan organisasi Guru dibawah naungan Nahdlatul Ulama (NU).(hud/zub)

Kontributor : Zubaidi & Hud
Editor: Moh. Maftuhul Khoir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *