MWC NU Berbek Gelar Kirab Santri, Sedot Antusiasme Masyarakat

BERBEK – Menjelang puncak kegiatan Hari Santri Nasional 2019, warga nahdliyin semakin antusias mengikuti berbagai kegiatan. Tidak terkecuali di Kecamatan Berbek Kabupaten Nganjuk, Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama’ (MWC NU) Berbek gelar kirab santri yang menjadi magnet perhatian masyarakat. Peserta kirab santri menggunakan berbagai kendaraan dan atribut baik hiasan maupun musik yang menarik dengan start di Alun-alun Berbek pada hari Minggu (20/10).

Pantauan dilapangan NU Online Nganjuk, arak-arakan peserta kirab santri berangkat dari alun-alun Berbek sekitar pukul 07.30 WIB. Pemberangkatan langsung oleh Ketua MWC NU Berbek KH. Abbas Arfiyah bersama Kapolsek Berbek Akp Gede Sinardana dan Danramil Berbek Kapten Inf Khoirul Ma’sum.

Antusiasme peserta kirab santri tampak dari banyaknya peserta yang berpartisipasi, terkhusus dari pengakuan salah satu peserta. Najib Nabata yang kini menjadi Ketua PR IPNU Desa Cepoko, menurutnya armada dari warga nahdliyin desa Cepoko sangat antusias mengikuti kirab santri dengan mengirimkan enam (6) armada kendaraan lengkap dengan atributnya.

“Antusias sekali, dari warga NU Cepoko saja kita mengirim enam armada. Terdiri dari ranting NU, Muslimat, Fatayat, IPNU, IPPNU, dan Madrasah Diniyah Darul Muta’allimin. Tidak lupa terimaksih pada pengurus ranting yang mensupport tenaga dan materi dalam mensukseskan acara ini.”, jelasnya.

Kyai Abbas memberikan keterangan terkait peserta kirab santri. Peserta terdiri dari struktur NU, banom NU dan lembaga-lembaga NU, baik PR NU, Muslimat, Fatayat, IPNU, IPPNU, dan lembaga-lembaga pendidikan seperti TPQ, pesantren, dan madrasah diniyah. Semua menggunakan kendaraan roda empat sejumlah 120 kendaraan baik mobil, truk, pickup dan sepur kelinci. Jumlah tersebut belum terhitung dari banyaknya peserta yang mengikuti kirab santri dengan mengendarai sepeda motor terutama dari perguruan Pagar Nusa Berbek.

“Alhamdulillah lancar dengan peserta 120 mobil. Peserta sangat antusias baik dari MWC NU, fatayat, muslimat, TPQ dan madin dan lain-lain bisa kompak.”, ungkapnya.

Selain itu, dari Ansor dan Banser juga tampak turut serta dalam mensuksesan acara kirab santri MWC NU Berbek. Kompak, bersama pihak kepolisian mengamankan dan menertibkan arak-arakan peserta sejak start di Alun-alun Berbek mengelilingi berbagai desa di Kecamatan Berbek dan kembali fisih di Alun-alun Berbek, dengan aman dan selamat.

Dalam kesempatan yang sama Kapolsek Berbek Akp Gede Sinardana menyatakan dukungan terselenggaranya kirab santri oleh MWC NU Berbek dalam rangka peringatan Hari Santri Nasional 2019.

“Kami pihak kepolisian, khususnya polres nganjuk dan lebih khusus polsek berbek sangat mendukung kegiatan MWC NU Berbek memperingati hari santri nasional tingkat kecamatan Berbek.”, tegasnya.(tuh)

Kontributor : Sofa

Editor: Moh. Maftuhul Khoir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *