Muscab ISHARI NU Cabang Nganjuk

Salah satu banom NU cabang Nganjuk yaitu dibidang kesenian, Ikatan Seni Hadrah Indonesia (ISHARI) Cabang Nganjuk Melaksanakan Musyawarah Cabang (MUSCAB) Yang Dihadiri kurang lebih 100 peserta dari seluruh ranting, pimpinan anak cabang, dan pengurus cabang Se-Kab.Nganjuk.

Muscab tersebut yang dihadiri Ketua Tanfidizyah PC NU nganjuk Drs.K.H Bisri Hisyam, K.Imam Syuhada’ dan K.Makmum Zaid Perwakilan dari Pengurus wilayah ISHARI NUSurabaya, yang dimana pelaksanaan dilakukan 5 tahun sekali harapan besar dari Ketua PC NU Nganjuk yaitu “Ishari adalah kesenian khas yang dimiliki NU yang wajib dikembangkan dimasyarakat, karena dengan kekompakan dari seluruh anggota ishari untuk bisa menggelorakan sholawat di puncak hari santri pada tanggal 26 oktober di pendopo kabupaten nganjuk ”ujar dari beliau.

Harapan dari pengurus wilayah ISHARI jawa Timur “K.Nuruddin selaku ketua belum bisa hadir karena ada suatu hal,dari pimpinan wilayah mengucapkan banyak terimakasih ISHARI PC NU Nganjuk telah melaksnakan Muscab yang ke 7, dan sejarah singkat mengenai ISHARI sendiri yaitu (usia iShari hampir 200 tahun yang telah dibawa ulama ke indonesia,1918 sebelum NU berdiri.

Syeh abdul rokhim dan santrinya, perkembngan Hadrah berkembang pesat di jatim angota hampir 50.000 ribu,karena perkembangan zaman kelompok – kelompok ada istilah saingan, kyia wahab hasbulah waktu menjabat PBNU 1950 an meminta untuk membentengi supaya tidak melenceng dari gurunya, karena belum ada aturan dan jamiyah, hanya ada suatu perkumpulan – perkumpulan maka dari tokoh – tokoh NU.

Membentuklah suatu wadah hadrah ala syeh abdul rakhim yang dinamakan ISHARI,dan kenapa K.Wahab Hasbullah membentuk organisasi, karena di organisasi ada suatu aturan – aturan yang dinamakan dengan PD/PRT, Secara tidak langsung maka ISHARI mengikuti dari saran yang telah ditentukan K.H.Wahab Hasbullah), Muscab atau pemilihan ketua cabang yang slah satunya melaksnakan pasal-pasal yang ada di PD/PRT. Ujar dari wakil ketua 5 Pengurus Ishari jawa Timur, K.Makmum Zaid. Ahad, 22 September 2019.

Reporter : Sofa

Editor : Bagus Jati Kusumo

Sumber : https://srtv.co.id/2019/09/25/muscab-ishari-nu-cabang-nganjuk-srtv-co-id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *