MUI Nganjuk: IKM Perlu Didorong Dapat Sertifikat Halal

 MUI Nganjuk: IKM Perlu Didorong Dapat Sertifikat Halal

Nganjuk | nunganjuk.or.id – Bekerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), dan Kementrian Agama, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Nganjuk menggelar sosialisasi produk halal kepada 40 unit usaha industri kecil dan menengah (IKM) di wilayahnya.

Ketua MUI Kabupaten Nganjuk, KH. Ali Musthofa Said, menyampaikan tujuan digelar acara ini mendorong IKM agar mengurus sertifikasi halal Mui supaya ada jaminan mutu dari produsen terhadap produk yang dihasilkan. Selain itu, produk pangan bersertifikat halal lebih mudah bersaing secara global.

“Kalau mau produk yang dihasilkan unggul di pasaran, maka seluruh persyaratan keamanan pangan wajib dipenuhi, khususnya sertifikat halal dari MUI,” tuturnya pada kegiatan yang digelar di Ratu Hotel, Sabtu (12/12/2020).

Selain untuk memacu daya saing, dalam UU Nomor 33 tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal pun tertera bahwa semua produk makanan wajib mencantumkan sertifikat halal dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) dalam naungan Kementerian Agama.

“Untuk mengurusnya, dapat langsung mendatangi Kantor Kementrian Agama Kabupaten Nganjuk. Kewajiban ini sama sekali bukan beban, tetapi justru menjadi salah satu komponen pengungkit daya saing bagi sektor IKM,” jelas Kiai Ali.

Sementara itu, sejumlah pelaku IKM menilai sertifikat halal dari MUI nantinya bisa membantu pemasaran komoditas yang diproduksinya bisa grey ritel seperti mini market, supermarket atau swalayan besar.

“Kami memproduksi keripik singkong,  itu bahan bakunya 100 persen menggunakan bahan baku halal,”ungkap salah seorang pelaku IKM yang hadir.

Menilik data dari Badan Pusat Statistik atau BPS yang diolah Ditjen IKMA Kemenperin, jumlah pelaku usaha sektor IKM di Indonesia pada 2018 tercatat sebanyak 4,52 juta unit, dengan penyerapan tenaga kerja hingga 11 juta orang. Sementara khusus IKM pangan berjumlah 1,6 juta unit usaha atau sekitar 35,3% dari total IKM yang ada.

Berdasarkan data tersebut, harapan kedepan peran IKM pangan dalam pengembangan industri nasional, khususnya di era modern dapat meningkat secara signifikan.

Kontributor: Subhan
Editor: Hafidz Yusuf

Digiqole ad

admin

Related post