Meriahkan Maulid Nabi, LESBUMI Gondang Gelar Festival Sholawat

Gondang |nunganjuk.or.id – Dalam rangka memeriahkan Maulid Nabi Muhammad SAW dan peringatan Hari Santri Nasional, Pimpinan Anak Cabang Lembaga Seni Budaya Muslimin Indonesia (PAC LESBUMI) Nahdlatul Ulama (NU) Kecamatan Gondang, Kabupaten Nganjuk menggelar Festival Sholawat. Acara dipusatkan di Masjid Shofi Ilyas, Ngujung Gondang pada Sabtu (7/11/2020).

Dalam Festival tersebut penilaian berdasarkan pada vocal, aransemen, dan adab syair (perfome) yang melaui proses seleksi terlebih dahulu sebelum masuk ke babak fase final.

Lomba terdiri dari tiga kategori yakni Anak, Remaja dan Ibu-ibu. Dalam Fase Final, masing-masing kategori akan diambil 6 (enam) grup yang terbaik untuk memperebutkan Juara I, II, dan III serta Juara Harapan.

Sekretaris Lesbumi Gondang, Gus Huda, menjelaskan bahwa tujuan dilaksanakan festival tersebut selain merekatkan tali silaturahim antar peserta yang mengikuti festival, juga untuk menyemarakan sholawat bagi penerus bangsa dan untuk mewadahi kegiatan positif para pemuda.

“Ini adalah program tahunan dalam rangka memperingati Hari Santri dan tentunya juga untuk menyemarakan hari lahirnya Nabi Muhammad (Maulid Nabi),” jelasnya.

Selain itu, lanjut Gus Huda, baik panitia, juri dan peserta yang hadir dalam kegiatan ini menggunakan penerapan protokol kesehatan secara ketat. Menurutnya, hal ini dapat mengedukasi masyarakat agar menerapkan prokes, sehingga masyarakat terbiasa dalam menjalani kehidupan baru ini.

“Alhamdulillah, peserta dan para penonton yang hadir kesini menerapkan protokol kesehatan, sekalipun memang masih ada yang belum memahami terhadap pentingnya hal ini,” terangnya.

Acara dihadiri pengurus MWC NU Gondang, Forkopimcam Gondang, Badan Otonom dan Lembaga NU turut hadir meramaikan acara ini.

Terpisah, Camat Gondang, Ida Shohibatin, mengapresiasi diadakannya acara tersebut. Bahkan ia berharap dengan kegiatan ini bisa menumbuhkan semangat bagi anak-anak muda untuk terus berkarya, bisa menyalurkan dan mengeksplore bakat musik islami.

“Karena itu saya menghimbau pada kaula muda, terkhusus masyarakat Kecamatan Gondang agar menjaga sekaligus melestarikan acara semacam ini. Semoga pandemi ini segera berakhir agar kegiatan-kegiatan keagamaan bisa lebih ramai seperti tahun-tahun sebelumnya,” tandasnya.

Editor: Hafidz Yusuf

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *