MERDEKA, KREATIFITAS, DAN DIGITALISASI

Masih terkait dengan SDI Network. Dalam setiap pertemuan, selalu ada saja gagasan baru untuk pengembangan, dan menurut saya menarik. Pertama terkait dengan gagasan pengembangan kelembagaan jaringan SDI Network.

Sudah saatnya melihat perkembangan sekolah Islam baik tingkat dasar (SDI-SMPI) maupun tingkat menengah (SMAI) di kabupaten Nganjuk, yang bermaintream Aswaja an-nadliyah, yang terus tumbuh-kembang,(bertambah), maka kumpulan SDI Network yang selama ini hanya membangun jejaring antar SDI se kabupaten Nganjuk, maka harus dikembangkan menjadi Islamic School Network (ISN).

Islamic School Network (ISN) adalah jaringan sekolah Islam yang tidak hanya berjejaring dengan SDI-SDI saja, tapi juga untuk berjejaring dengan sekolah Islam di semua jenjang seperti SMPI dan SMAI.

Lembaga bisa dilegal-formalkan dengan memiliki basecamp mandiri dan bisa menjadi motor penggerak dibidang pengelolaan peningkatan mutu dan pengembangan menuju sekolah Islam unggul yang dimiliki warga Nahdliyin di semua tingkatan.

Kedua, dalam pertemuan selalu merespon perkembangan yang sedang terjadi atau isu-isu pendidikan terkini. Saat pertemuan kemarin merespon kebijakan menteri pendidikan nasional baru, terkait kemerdekaan belajar murid maka harus disambut dengan kreatifitas tingkat tinggi pada guru. Guru harus berperan sebagai fasilitator, mediator, dan motivator terhadap pembelajaran atas potensi dalam diri murid yang akan dieksplor secara leluasa berdasarkan potensi yang dimiliki dan potensi lingkungan yang ada.

Ketiga, dengan lingkungan baru yang berkembang, yang disebut dengan era digital sebagai sarana baru yang lahir, maka harus dimanfaatkan (fasilitas digitalisasi) tersebut dengan sebaik-baiknya, untuk mendukung proses belajar-mengajar dan fasilitas murid dan guru. Murid dan guru harus memanfaatkan digitalisasi tersebut, guna untuk mendukung proses kebutuhan belajar-mengajar dan kebutuhan lainnya.

Penulis: Ali Anwar Mhd (Aktivis SDI Network)
Nganjuk, 13 Januari 2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *