Menteri Agama Berjanji Tindak Lanjuti Rekomendasi dan Pesan Masyayikh Lirboyo

Safari  Menteri Agama Republik Indonesia Jenderal (Pur) Fachrul Razi, akhirnya tiba di Kediri Jawa Timur. Menag bersilaturahim dengan Pengasuh Pesantren Lirboyo dan Al Falah Ploso, serta kyai-kyai NU lainnya. Pada Kamis, (21/11) lalu.

Menag tiba di PP Lirboyo sekitar pukul 14. 00 WIB. Kehadiran menag mendapat sambutan hangat dari Pengasuh beserta Kyai sepuh PP Lirboyo yakni KH M Anwar Mansur, KH Abdullah Kafabihi Mahrus, KH Hasan Sukri Zamzami dan KH Anim Falahuddin Mahrus, di gedung Yayasan Pondok Pesantren Lirboyo.

Pembuka acara silaturrahim ini, hadirin melakukan sesi foto bersama dan penyerahan buku Fikih Kebangsaan dan cinderamata dari Pondok Pesantren Lirboyo. KH. Abdulloh Kafabihi Mahrus selaku tuan rumah menyampaikan beberapa rekomendasi. Rekomendasi tersebut diantara menjadikan buku ‘Fikih Kebangsaan’ menjadi bahan ajar atau kurikulum di lembaga Pendidikan Islam yang ada dibawah naungan Kementerian Agama Republik Indonesia.

Selaras dengan pesan khusus Presiden kepada Menteri Agama saat pelantikan, harapan kedepan rekomendasi buku tersebut dapat menjadi bentuk ikhtiar PP Lirboyo untuk membantu dan mensukseskan program Kementerian Agama, dalam menangkal dan memberantas radikalisme.

Lanjut KH. Abdulloh Kafabihi Mahrus juga berpesan kepada Menteri Agama untuk secepatnya membuat peraturan turunan setelah disahkannya UU Pesantren, baik berupa PP (Peraturan Presiden) atau PMA (Peraturan Menteri Agama). Selain itu, menag juga mendapat rekomendasi untuk secepatnya membangun asrama haji di Kediri.

 “Kami juga berharap Kemenag membangun Asrama Haji di Kediri,” tuturnya.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Menag menyampaikan pesan Presiden untuk para ulama di Jawa Timur bahwa misi pemerintah dengan NU sama, yakni membangun umat.

“Perjuangan dan visi-misi NU dan Kementerian Agama itu sama, yaitu mendukung satu sama lain untuk terciptanya kerukunan antar umat beragama.”, pungkasnya.

Selanjutnya Menag berjanji akan menindaklanjuti segala rekomendasi dan pesan dari Masyayikh Lirboyo. Acara silaturrahim Menteri Agama dengan Masyayikh Pondok Pesantren Lirboyo ditutup dengan bacaan doa oleh KH. M. Anwar Manshur. Usai dari PP Lirboyo, Menag didampingi Plt Kakanwil Kemenag Jatim bertolak ke Pondok Pesantren Al Falah Ploso Kediri.(tuh)

Redaktur/editor: Moh. Maftuhul Khoir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *