Luncurkan Surat Sakti, PC NU Nganjuk Instruksikan MWC NU Bantu Pendirian Ranting IPNU IPPNU

Nganjuk, 31 Januari 2020

Trobosan PC NU Nganjuk kali ini luncurkan Surat Sakti Pendirian 100 Ranting, yakni surat yang berisi instruksi untuk memfasilitasi pembentukan ranting-ranting IPNU IPPNU, di wilayah masing-masing MWC NU se-Kabupaten Nganjuk.

IPNU IPPNU kini menjadi perhatian serius, karena sebagai garda terdepan pengkaderan awal, yang akan mengisi pos-pos NU beserta lembaga dan banomnya di masa depan.

Tekad serius dalam hal dukungan terhadap pengkaderan IPNU IPPNU, telah menjadi amanat Silatda II alumni PKP NU pada bulan Oktober (26/10/19) lalu, serta bagian dari rencana tindak lanjut pada poin revitalisasi sembilan (9) perintah kader.

Fokusnya, pada bidang organisasi poin ke tiga (3) tentang pengisian kepengurusan dan pengaktifan banom maupun lembaga sampai tingkat ranting, dan point (7) tentang pengaktifan struktur organisasi terbentuk dan aktif, sampai struktur terbawah.

Surat Instruksi bernomor 609/PC/A.1/1.22/I/2020 ini, juga akan ada tindak lanjut monitoring dari PC NU Nganjuk. Hal tersebut diungkapkan Ahmad Syafi’i Sulaiman ketua PC IPNU Nganjuk pada acara Rapimcab.

Syafi’i Sulaiman (kiri) dan Muklas AS (kanan), perlihatkan surat sakti pendirian 100 ranting

“Secara organisasi kami PC IPNU IPPNU telah sowan pada PC NU, terkait instruksi bantuan MWC NU dalam mendirikan ranting IPNU IPPNU. Selanjutnya juga akan ada monitoring dari PC NU Nganjuk.”, terang Syafi’i di hadapan peserta Rapimcab di Gedung An-Nahdlah Kecamatan Gondang.

Secara simbolis peluncuran surat sakti pendirian ranting IPNU IPPNU, saat sesi akhir Rapimcab dan Rakorcab PC IPNU IPPNU Nganjuk dan DKC CBP KPP Nganjuk, pada Ahad (26/01) lalu. Syafi’i menyerahkan kepada Muklas Ary Sona ketua PAC IPNU Ngetos, sebagai perwakilan para pimpinan anak cabang yang hadir.

Syafi’i Sulaiman (kiri) dan Muklas AS (kanan), serah terima surat sakti pendirian 100 ranting

Selama ini, pengurus PAC IPNU IPPNU merasa kesulitan mendirikan ranting baru. Terutama ketika mencari kader untuk mengisi pos pengurus, sebagaimana pengakuan Muklas Ary Sona ketua PAC IPNU Ngetos.

“Periode saya mulai babat dari awal, kita kesulitan mendirikan ranting baru. Alhamdulillah kini punya tiga (3) ranting dan 2 PK. Semoga dengan kerjasama yang baik dengan MWC bisa menghidupkan semua ranting pada tiap desa.”, kata Muklas.

Kebijakan baru hasil Rapimcab, minimal untuk ranting baru, ada lima (5) orang setiap ranting IPNU IPPNU. Jumlah tersebut untuk mengisi posisi ketua, wakil ketua bidang organisasi, wakil ketua bidang kaderisasi, sekretaris, dan bendahara.

Lanjut Syafi’i menyampaikan harapan kedepan, agar setiap PAC IPNU IPPNU untuk menjalin komunikasi yang baik dengan MWC NU masing-masing kecamatan. Tujuannya, menjalin kesepahaman dalam pelaksanaan intrusksi dari PC NU Nganjuk, agar MWC NU dapat membantu proses pendirian ranting-ranting IPNU IPPNU.

“Sedikit, saat ini rata-rata baru setengah dari total ranting NU pada setiap MWC, bahkan Ngluyu kini masih belum memiliki ranting sama sekali, semoga pada akhir periode ada 100 ranting lagi yang terbentuk, dan dapat menghidupkan semua ranting IPNU IPPNU.”, pungkasnya.(tuh)

Isi Surat Sakti, Instruksi Pendirian 100 Ranting IPNU IPPNU

Redaktur/ Editor: Moh. Maftuhul Khoir
(Wakil Ketua Bidang Kaderisasi PAC IPNU Berbek)
(Alumni PKP NU Angkatan XIX Gondang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *