LP Maarif NU Nganjuk Singgung Pentingnya Pendidikan Agama dan Pembentukan Karakter

 LP Maarif NU Nganjuk Singgung Pentingnya Pendidikan Agama dan Pembentukan Karakter

Nganjuk | nunganjuk.or.id – Momentum Hari Pendidikan Nasional 2021, Ketua Lembaga Pendidikan Ma’arif Kabupaten Nganjuk, Dr. Zainal Arifin, menyampaikan pendidikan kedepan harus mampu mengejawantahkan atau menanamkan nilai-nilai multikultural peserta didik dan lingkungan masyarakat sekolah sehingga dapat memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Pendidikan harus memberikan pemahaman moderat baik Islam maupun non Islam sehingga akan menciptakan keharmonisan berbangsa dan bernegara berdasar Pancasila dan undang-undang dasar 1945,” terangnya pada Ahad (2/5/2021).

Selain itu, alumnus Unisma ini juga menyinggung soal pentingnya pendidikan agama dalam peta jalan pendidikan. Dia menilai, pendidikan di Indonesia harus mengutamakan pendidikan agama, moral, dan pembentukan karakter.

Menurutnya, penanaman nilai dan pelaksanaan ajaran agama bagi pemeluknya sangat penting dalam pendidikan. Selain itu, perlu ditekankan juga soal menghargai perbedaan agama serta menjalin kerukunan antarumat beragama.

“Cita-cita besar para pendiri bangsa tetap harus menjadi orientasi kebangsaan dalam mendesain kebijakan pendidikan di masa depan,” ungkapnya menegaskan.

Khusunya pendidikan Islam, ia berharap agar masyarakat memilih jalur pendidikan islam yang jelas akidahnya ahlussunnah wal jama’ah dalam hal ini Nahdlatul Ulama.

Hal ini mengajarkan anak memiliki pemikiran moderat dan tidak mudah terjerumus dalam gerakan radikalisme.

“Mari tingkatkan pendidikan berkarakter menuju Indonesia maju dan bermartabat,” pungkasnya.

Editor: Hafidz Yusuf

Digiqole ad

admin

Related post