Cancel Preloader

LP Ma’arif NU Nganjuk Godok Modul Aswaja Ke-NU-an Berbasis Kearifan Lokal

LP Ma’arif NU Nganjuk melalui MGMP Aswaja Ke-NU-an sedang dalam tahap persiapan penyusunan bahan ajar materi Aswaja Ke-NU-an, namun kali ini berbasis kearifan lokal daerah Nganjuk. Hal ini disampaikan Wakil Sekretaris LP Ma’arif NU Nganjuk, Eko Wahyudi,


“Bismillah, dengan segala sumber daya yang ada, kita niat untuk menggodok bahan ajar Aswaja Ke-NU-an, kita support teman-teman tim penyusun sekuat tenaga”, ungkap Eko di pertemuan tim penyusun, Sabtu (28/12/2019).


Modul bahan ajar Aswaja Ke-NU-an nantinya akan dimulai dari tingkat MA, SMA dan SMK, lalu melebar ke tingkatan lain. Tujuannya adalah memberdayakan kader-kader potensial NU di lembaga pendidikan dan mengenalkan khazanah yang berkaitan dengan kearifan lokal di Kabupaten Nganjuk yang bisa dimasukkan di materi pelajaran Aswaja Ke-NU-an.


“Kita support dan bekerja sama dengan berbagai pihak yang memiliki sense of belonging dan kepedulian untuk mengembangkan Aswaja An Nahdliyyah di lembaga pendidikan, yakni penyusunan modul Aswaja Ke-NU-an. Kami sudah membuka komunikasi dengan beberapa pihak, termasuk FOKKMAS dan sebagainya”, tutur Nyai Wahibah yang juga bendahara LP Ma’arif NU Nganjuk.


Modul Aswaja Ke-NU-an yang akan dicetak memiliki beberapa keunikan, di antaranya adalah menambahkan lembar evaluasi untuk para guru Aswaja NU dan mengangkat tokoh-tokoh NU di Kabupaten Nganjuk. Selain itu beberapa tradisi yang sudah berasimilasi dengan nilai-nilai keislaman di Nganjuk juga akan menambah khazanah di modul yang digodog ini.


“Tokoh-tokoh dan tradisi Aswaja NU secara global sudah famiiar dan akan terus diajarkan, namun kita juga perlu mengangkat perjuangan para Kiai Nganjuk dan tradisi di dalamnya yang ternyata kaya. Untuk tashih konten kita sudah mohon bantuan kepada Aswaja NU Center Nganjuk dan tashih kurikulum akan kita mohonkan kepada para pakar yang kompeten. Harapannya semua pihak akan mendukung upaya yang baik ini mulai dari persiapan, proses hingga penggunaan dan pemasarannya” tambah Irvan yang merupakan ketua tim penyusun sekaligus ketua MGMP.


Di tempat lain Aswaja NU Center juga sudah membentuk tim pentashih konten modul bahan ajar Aswaja Ke-NU-an ini.
“Ya, saya sudah tunjuk, sudah disiapkan (tim pentashih)” tegas Kiai Zuhal, Ketua Aswaja NU Center Nganjuk

Kontributor : Kazekage

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *