LAZISNU Cabang Nganjuk Berikan Modal Usaha Warung Mak Ti

Baron | nunganjuk.or.id – Pandemi Covid-19 membuat kondisi perekonomian tidak stabil. Imbasnya kepada para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM. Pendapatan mereka menurun drastis, bahkan nyaris kehilangan pendapatan.

Berangkat dari persoalan tersebut, NU Care- Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Cabang Nganjuk, Jawa Timur kembali implementasikan salah satu program zakat produktif  pemberdayaan ekonomi Nahdliyyin, yakni bantuan berupa etalase dan bantuan modal untuk Mak Ti (52), warga Desa Kemaduh, Kecamatan Baron, Kabupaten Nganjuk agar memiliki kemandirian.

Bantuan senilai Rp. 1 Juta ini diserahkan langsung oleh Direktur NU Care- Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Cabang Nganjuk, H. Subhan Aburizal bersama Tim, di lokasi Warung yang menjual aneka jajanan seperti Lontong, Rujak, Dawet milik Mak Ti di Desa Kemaduh, pada Kamis (29/10/2020). 

“Pemberian modal usaha ini merupakan bagian dakwah bilhal NU kepada kalangan bawah yang memerlukan. Dengan bantuan ini sebagai salah satu upaya bahwa NU juga mempunyai kepedulian sosial yang nyata,” terang alumnus UIN Sunan Kalijaga ini.

H. Subhan berharap, lewat bantuan itu, usaha Mak Ti bisa berkembang agar dapat meningkatkan kesejahateraan hidup keluarganya.  

“Hari ini warung Mak Ti resmi kami jadikan UKM Bina Usaha NU Care – LAZISNU Cabang Nganjuk. Harapan kami mudah-mudahan Mak Ti bisa terus mengembangkan usahanya, sehingga nanti bisa mengangkat beliau menjadi muzaki,” tuturnya.

Terpisah, Pengurus Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama (LPNU) Kecamatan Baron, Moch. Masyhuri secara khusus menyampaikan dukungan penuh terhadap inisiatif yang dilakukan PC NU Care – LAZISNU Nganjuk.  

“Kami berharap, kegiatan semacam ini nanti bisa direplikasi di ranting lain, sehingga setapak demi setapak kebutuhan untuk menggerakkan jamiyah dari sisi finansial dapat tertopang oleh unit usaha yang ada,” ungkapnya.

NU Care – LAZISNU Nganjuk berkomitmen sejak awal gerakan ini diluncurkan untuk tidak semata memberikan kemudahan bagi mengembangkan usaha ekonomi warga, namun juga menjadikan penerima manfaat mampu menjadi warga yang gemar bersedekah melalui kaleng kemandirian atau Gerakan kaleng kotak infaq (Koin) NU Peduli.

Redaktur: Hafidz Yusuf

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *