Kuatkan Karakter Inti Lembaga Pendidikan, LP Ma’arif NU Nganjuk Gelar Musyawarah dan Konsolidasi

Nganjuk | nunganjuk.or.id – Dalam rangka penguatan Aswaja An-Nahdliyah sebagai karakter inti sekolah dan madrasah di lingkungan Nahdlatul Ulama memasuki tahun ajaran baru 2020/2021, Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama (LP Ma’arif NU) menggelar musyawarah dan konsolidasi Lembaga Pendidikan NU dibawah naungannya pada Kamis (9/7/2020).

Kegiatan dibuka dengan pemberian piagam registrasi secara simbolis oleh Sekretaris PCNU Nganjuk H. Hasyim Afandi.

Sebelumnya, LP Ma’arif NU Kabupaten Nganjuk telah membuka alur pendaftaran secara online dan telah tersebar ke seluruh Lembaga Pendidikan di Kabupaten Nganjuk. Hingga pada akhirnya tercatat sebanyak 60 satuan pendidikan yang bergabung ke LP Ma’arif NU Kabupaten Nganjuk mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sampai tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA).

Menurut Ketua LP Ma’arif NU Kabupaten Nganjuk H. Zainal Arifin, mengatakan salah satu tujuan penerbitan piagam registrasi Lembaga Pendidikan NU ini adalah mendata potensi dan kekuatan Lembaga Pendidikan nahdliyyin di Kabupaten Nganjuk.

“Ini merupakan strategi jangka Panjang LP Ma’arif NU Nganjuk,” terangnya saat ditemui Redaksi di Aula Kantor Pimpinan Cabang (PC) Nahdlatul Ulama Kabupaten Nganjuk.

Selain itu, lanjutnya, LP Maarif NU Kabupaten Nganjuk juga akan melakukan follow up terkait aspirasi-aspirasi yang masuk dari lembaga pendidikan nahdliyyin, baik segi mutu, pendampingan dan sebagainya.

“Materi Aswaja-KeNUan perlu dialokasikan oleh seluruh lembaga pendidikan nahdliyyin, bukan hanya sebagai pengetahuan tambahan, namun juga berarti jatidiri dan perjuangan melestarikan acara Aswaja An Nahdliyyah,” harapnya.

Zainal menekankan jika pihaknya siap mengawal dan memberikan pembinaan kepada lembaga pendidikan nahdliyyin di Kabupaten Nganjuk.

“Lembaga pendidikan tidak perlu khawatir kebijakan pribadinya tambah terbebani dengan gabung LP Maarif NU. Justru sebaliknya, LP Maarif NU mengupayakan bersama lembaga pendidikan mencari alternatif dan terobosan untuk mempermudah proses kependidikan dan meningkatkan mutu siswa,” tegasnya.

Terpisah itu, dalam sambutan pengarahan oleh Sekretaris PCNU Kabupaten Nganjuk H. Hasyim Afandi, menyampaikan dukungan dan apresiasi terhadap pengurus LP Ma`arif Kabupaten Nganjuk atas terlaksananya kegiatan ini.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini. Harapnnya kita bisa bersama-sama membentengi ideologi ahlussunnah wal jamaah melalui Ma’arif NU,” pungkasnya. (fid)

Redaktur : Hafidz Yusuf

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *