KH. Sumanan Hidayat, Ulama Pengasuh Pesantren Gado-Gado dari Nganjuk itu Telah Wafat

 KH. Sumanan Hidayat, Ulama Pengasuh Pesantren Gado-Gado dari Nganjuk itu Telah Wafat

Nganjuk | nunganjuk.or.idInnalillahi wainna ilahi rajiun. Kembali dunia pesantren dan Nahdlatul Ulama Kabupaten Nganjuk berduka. Kali ini yang wafat adalah KH. Sumanan Hidayat, tepatnya Kamis (14/1/2021).

Kepastian wafatnya kiai berusia sekitar 55 tahun tersebut beredar luas di media sosial, termasuk grup WhatsApp.

“Innalillahi wa inna ilaihi roji’un.  Sampun kapundut Gusti Alloh Kang Mas kulo Sumanan Hidayat. Mugi Gusti Alloh nampi amal ibadah ipun paring ngapunten kelepaten…Aamiin,” demikian bunyi sebaran kabar yang diterima.

Kepastian wafatnya KH. Sumanan Hidayat ini disampaikan Ustadz Supriyono Hidayat, adik kandung Kiai Sumanan.

KH. Sumanan Hidayat merupakan kiai langka. Di usianya yang belum terlalu sepuh telah menginspirasi banyak orang.

Selain menjadi pengurus NU, Kiai yang gemar guyon ini aktif berdakwah keliling kampung. Hampir seluruh Nganjuk pernah beliau datangi guna menyebarkan ajaran islam ahlussunnh wal jamaah.

Kiai lulusan UIN Sunan Ampel ini juga baru terpilih pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Nganjuk dan beliau memiliki Pesantren Nurul Ishlah yang terletak tidak jauh dari Kantor MWC NU Ngronggot.

Pondok Nurul Ishlah Ngronggot memang dikenal dengan pesantren gado-gado. Ini karena latar belakang santri yang bervariasi. Mulai dari korban broken home, pecandu narkoba, mantan pelaku free sex, anak autis, cacat fisik, mantan pemabuk minuman keras, korban KDRT hingga kehamilan yang tidak diinginkan. Ironinya lagi, mayoritas dari mereka adalah berstatus yatim.

Santri yang menimba ilmu di pondok ini ada yang berasal dari Sumatera, Lampung, Kalimantan, Jawa Tengah, Kediri dan Nganjuk. Lokasi pondok ini tepat berada di depan KUA Ngronggot atau di utara kantor MWC NU Ngronggot.

Pesantren dan NU Kabupaten Nganjuk tentu saja sangat kehilangan atas wafatnya Kiai Sumanan Hidayat. Selamat jalan, Kiai.

Editor: Hafidz Yusuf

Digiqole ad

admin

Related post