Kekinian, Pelajar NU Nganjuk Perkuat Ideologi Aswaja NU Dengan KOPAS

Baron, 2 Maret 2020

Dalam rangka memperkuat ideologi kader pelajarnya, Departemen Dakwah Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Nganjuk menggelar agenda menarik yang dikemas  santai tapi serius. Agenda Kopi Aswaja atau yang familiar dikenal dengan nama KOPAS tersebut sudah berlangsung dua kali. Setelah sebelumnya digelar di Madin Al-Huda Patianrowo, kali ini KOPAS berlangsung di Kantor MWC NU Baron pada Ahad (1/3/2020).

Untuk diketahui, Kopi Aswaja (KOPAS) tersebut menggandeng PC Aswaja NU Center Nganjuk untuk pembanding dan pentashih. Rencananya, Kopi Aswaja memakai konsep keliling dari Pengurus Anak Cabang (PAC) ke PAC lainnya.

Dalam sambutannya, Rekan Hafidz selaku wakil ketua bidang dakwah PC Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Nganjuk menekankan perlunya kader-kader pelajar NU mendalami berbagai hal aktual dan ideologis Aswaja An Nahdliyyah.

“Kesempatan kali ini kita mulai dengan membahas plus minus media sosial yang kaitannya dengan ideologi kita, Aswaja NU” terangnya saat membuka diskusi.

Beberapa peserta antusias mengemukakan argumen dan menyampaikan pertanyaan. Di antaranya adalah Rekan Fajar, Ketua PAC IPNU Baron, yang menanyakan hubungan media dengan agama.

Hadir dalam acara tersebut Aswaja NU Center PCNU Nganjuk, punggawa-punggawa mudanya yakni Gus Alfain (PP Lirboyo), Gus Zulfa (PP Baitul Atieq), Gus Nizar (PP Al-Khoiriyah) dan Ustadz Irvan. Menanggapi diskusi dari peserta, Gus Nizar berpesan agar kaum muda selektif dalam memilih dan memilah sumber ilmu maupun sumber informasi yang beredar, utamanya di dunia maya.

“Adik-adik pelajar NU perlu mengetahui sumber-sumber atau web-web dan tokoh-tokoh yang bisa dijadikan rujukan keilmuan. Misalnya di NU ada Gus Baha’, Gus Muwafiq dan sebagainya. Channel-channel youtube dari beliau-beliau lebih aman untuk ditelusuri dan disimak, daripada kita sembarangan mengakses dari yang belum kita ketahui” tutur Gus Nizar.

Agenda kopi aswaja ditutup dengan mahallul qiyam dan do’a yang dipimpin Gus Zulfa. Setelah acara Gus Zulfa berpesan agar agenda seperti kopi aswaja diteruskan dan digalakkan.

“Mari adik-adik IPNU-IPPNU yang lainnya, ke depan untuk ikut agenda kopi aswaja ini. Agenda ini penting dan banyak manfaat. Aswaja NU Center siap sedia untuk segala hal terkait keilmuan dan wawasan Aswaja An Nahdliyyah, termasuk agenda seperti ini” pungkas beliau.(kzg)

Kontributor : Kazekage
Editor : Hafidz Yusuf

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *