Kader IPNU IPPNU, Antusias Ikuti PKPRT dari Kemenpora

Nganjuk, 26 Desember 2019

IPNU IPPNU merupakan organisasi pemuda yang aktif dalam kegiatan kaderisasi. Kegiatan pendidikan pada kader tujuannya adalah mempersiapkan generasi muda bangsa masa depan. Hari ini Kamis (26/12), Pimpinan Cabang IPNU IPPNU Nganjuk menarik antusiasme kadernya, dengan bekerjasama dengan Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), pada acara seminar Pendidikan Kepemimpinan Pemuda dalam Rumah Tangga (PKPRT), di MA Al Hidayah Termas Kecamatan Baron, Kabupaten Nganjuk.

Kemenpora kini sedang gencar perhatikan peningkatan kesehatan reproduksi bagi pemuda.  Antusiasme peserta menurut M. Hafidz Romadhon, Wakil Ketua PC IPNU Nganjuk, juga selaku ketua panitia pelaksana, mengungkapkan kegembiraan atas terlaksanya acara secara lancar dan meraih antusiasme anggotanya.

“Acara ini adalah seminar PKPRT, terimakasih atas kerjasama Kemenpora dengan PC IPNU IPPNU Nganjuk. Antusiasme peserta luar biasa sekali, karena dari seluruh Indonesia hanya 18 titik, dan Nganjuk mendapatkan salah satunya. Sehingga peserta luar biasa, dari seluruh perguruan tinggi dan PAC se Kabupaten Nganjuk mengikuti acara ini, total lebih dari 200 peserta”, jelasnya.

Sementara peserta hadir lebih dari 200 orang, berasal dari kader IPNU IPPNU Nganjuk yang telah berusia diantara 18-30 tahun, sesuai target dari Kemenpora. Hadir pula tamu undangan dari MWC NU Baron berserta banomnya, Kepala Sekolah MA Al Hidayah Ibu Hj. Suniyah Wahibah dan Kepala MTsN 4 Nganjuk.

Materi PKPRT sendiri berisi 4 (empat) pembahasan pokok, diantaranya adalah Hukum Perkawinan dengan pemateri Asdep Abdul Rofur beserta 3 kabid dari Kemenpora, dan materi kedua tentang Perlindungan Anak oleh Ibu Margareth AM yang juga pernah menjabat ketua PP IPPNU tahun 2009-2012.

Materi ketiga Kesehatan Reproduksi disampaikan oleh Ema Rahma Yani , M.Kep. Ns. Sp. Kep. An. Sementara materi pamungkas Psikologi Pemuda disampaikan oleh Moh. Masyhuri, anggota DPRD Kabupaten Nganjuk yang kerap aktif pada kegiatan kepemudaan.

Hingga acara berakhir, peserta mengikutinya secara antusias. Wawancara NU Online Nganjuk dengan Najib Nabata, salah satu peserta PKPRT, dirinya mengungkapkan pentingnya materi yang disampaikan, sehingga peserta semangat memperhatikan isi materinya.

“Semangat sekali, karena kita sebagai generasi penerus bangsa, mendapatkan edukasi dari berbagai materi yang disuguhkan, tentu sangat mendorong perjalanan seorang pemuda kedepan seperi itu.”, kata Najib Wakil Ketua IPNU PAC Berbek.

Sementara itu Ahmad Syafii Sulaiman selaku Ketua PC IPNU Nganjuk berharap, kolaborasi seperti ini tidak berhenti disini, dan bersineri bersama terkait dunia kepemudaan.

“Kami berharap dapat terus bersinergi, karena manfaatnya besar. mengingat dalam berkeluarga akan ada hal tidak diinginkan yang mungkin terjadi, sehingga menjadi bekal nantinya. Menyikapi kondisi saat ini pemuda melakukan pernikahan dini, kerap terjadi perceraian, kekerasan dalam rumah tangga, sehingga dapatb lebih mengerti dan bijaksana.”, tandasnya.(tuh)

Redaktur/ Editor: Moh. Maftuhul Khoir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *