Kabar Baik, Mulai Hari Ini Masjid di Korea Sudah Bisa Jalankan Sholat Jumat dan Tarawih

Korea | nunganjuk.or.id – Pandemi covid-19 menyebabkan aktivitas sosial ekonomi masyarakat di berbagai negara terganggu, termasuk kegiatan keagamaan di Negara Korea. Korea Muslim Federation (KMF) menangguhkan aktivitas ramadhan 1441 H sampai pada tanggal 5 Mei 2020, untuk menghindari mewabahnya pandemi virus corona.

Hasil wawancara ekslusif redaksi NU Online Nganjuk dengan Moch. Rosyadi Adnan, mahasiswa yang sedang menempuh studi di Gyeongsang Nasional University, Jinju. Ia menjelaskan bahwa mulai hari ini, Jumat (06/05/2020) KMF Seoul dan Busan telah kembali melepas kontrol masjid, agar kembali dapat laksanakan aktivitas sholat Jumat dan Tarawih.

Namun dengan catatan tetap memenuhi protokol yang ada, seperti menggunakan masker, handsanitizer, dan mengecek suhu tubuh ketika hendak ke masjid, serta menjaga jarak sosial 1 Meter.

“Sebelumnya pas parah-parahnya pandemi, KMF pada awal ramadhan umumkan pelarangan ibadah di Masjid.”, kata Rosyadi.

“Masjid-masjid baru saja dibuka, keadaan mulai aman tinggal imported case untuk fokus saat ini, lapangan baseball juga sudah dibuka,”, imbuh pemuda asal Kabupaten Jember, Jawa Timur ini.

Meskipun diijinkan Bersholat Jumat dan Tarawih, KMF tetap melarang jemaah yang bermalam di Masjid dan tidak menyediakan buka puasa di masjid.

Lanjut alumni PP Al Ajauhar Jember sekaligus FMIPA Universitas Jember ini juga berikan motivasi, untuk bersama lepas dari pandemi covid-19. Ia juga berpesan untuk mengikuti anjuran ahli, dan bijak sikapi kabar hoaks.

“Tetap mengikuti anjuran pemerintah dan para ahli terkait pandemi ini, hati-hati terhadap kabar hoaks. Semoga selamat semuanya.”, pungkas Moch. Rosyadi Adnan via whatsapp.(tuh)

Redaktur / Editor : Moh. Maftuhul Khoir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *