Jenuh Pandemi, GP Ansor Baron Adakan Lomba Adzan Online

Sebanyak 60 peserta terdaftar dalam kegiatan Lomba Adzan Nusantara yang digelar Pengurus Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Baron secara daring di tengah pandemi Covid-19.

“Ini merupakan tantangan tersendiri bagi kami selaku pengurus organisasi. Alhamdulillah meskipun ditengah wabah pandemi Covid-19 kami tetap bisa melaksanakan kegiatan berbasis virtual,” ungkap Ketua GP Ansor Baron Fauzi.

Pada situasi seperti saat ini yang mewajibkan masyarakat selalu ada di rumah bisa merasa bosan dan ujung-ujungnya depresi, jika tidak dibarengi dengan kegiatan yang mampu memberi semangat bagi masyarakat.

Melalui lomba-lomba ini mampu memberikan semangat di masyarakat sehingga terhindar dari kepanikan berlebihan dan depresi massal yang berdampak semakin lemahnya imun tubuh sehingga mengakibatkan akan mudah terpapar Covid-19. Karena menurutnya jika tekanan psikis lebih domininan dan signifikan maka akan berdampak pada penurunan yang membuat melemahnya imun dalam tubuh.

“Terbukti beberapa peserta Lomba Adzan Online ada yang dari Lampung, Palembang, Bontang, Padang, Jakarta, Ternate, dan daerah lain yang memiliki antusias yang sangat luar biasa untuk mengikuti Lomba Adzan Online,” imbuhnya bangga.

Sementara itu, Sekretaris Pimpinan Cabang (PC) Gerakan pemuda Ansor Kabupaten Nganjuk Moch. Rifa’i, mengatakan dengan lomba adzan ini, dirinya meyakini bahwa hal ini mampu membangun suasana relegius dan kita harus meyakini bersama-sama, kalau langkah ini mampu meredakan Covid-19 ini.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh PAC GP Ansor Kecamatan Baron ini, mempunyai nilai kreatifitas sendiri di tengah wabah pandemi Covid-19 masih bisa beradaptasi dalam kegiatan virtual sehingga agenda organisasi tetap bisa berjalan dengan baik,” ujarnya pada Selasa (4/8/2020) kepada Redaksi.

Lomba Adzan Online dimulai pada tanggal 01 April 2020 dan berakhir tanggal 29 Juli 2020. Cara pendaftarannya pun terbilang mudah, peserta cukup mengirimkan Link Youtube yang didalamnya ada video adzan yang sudah ia upload sebelumnya dan dinilai pada tanggal 31 Juli 2020 oleh Dewan Juri untuk menentukan pemenangnya.

Setelah Dewan Juri menyimak satu per satu video Adzan dari peserta melalui link youtube, saatnya mengumumkan pemenang Lomba Adzan Online. Rekapitukasi penilaian telah dilaksanakan oleh 2 Dewan Juri yakni dari Misbahul Munir selaku Dewan Juri 1 dan Moh. Bahrun Nizar selaku Dewan Juri 2.

Dari banyaknya peserta , Dewan Juri akhirnya menetapkan untuk Juara 1 diraih oleh Zainal Masri dari Sumatera Barat, Juara 2 diraih oleh Muhammad Bilal Taufiqurrohman dari Berbek, Nganjuk, dan Juara 3 diraih oleh Husin As’ari dari Bontang, Kalimantan Timur.

Penjurian dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Maidanutthullab, Waung, Baron dan disiarkan secara live di Facebook GP Ansor Baron (fi)

Kontributor : Ahmad Hengky Alifi Isnain
Editor : Hafidz Yusuf

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *