Isi Materi Psikologi Pemuda, Direktur NU Online Nganjuk Ajak Pemuda Bijak dalam Bergaul

Nganjuk, 26 Desember 2019

Gelaran seminar Pendidikan Kepemimpinan Pemuda dalam Rumah Tangga (PKPRT), oleh Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Pimpinan Cabang IPNU IPPNU Nganjuk. Salah satu materinya adalah Psikologi Pemuda, dengan mengundang Moh. Masyhuri tokoh pemuda yang kini menjadi anggota DPRD Kabupaten Nganjuk dan Direktur NU Online Nganjuk.

Kang Hury, sapaan akrabnya, mengisi materi pamungkas pada seminar di gedung MA Al Hidayah. Meskipun sebagian peserta telah mengalami kelelahan fisik, namun pada akhirnya tetap antusias mengikuti materi, karena Kang Hury lebih banyak menyampaikan materi dengan candaan renyah dan berdialog, sehingga suasana semakin komunikatif.

Isi materi selain tentang kemampuan kognitif dan perkembangan pemuda terkait emosional dan sosial, Kang Hury menyampaikan agar pemuda bijak dalam bergaul di masyarakat. Sebab, fase pemuda adalah masa dalam pencarian jati diri yang tidak lepas dari pencarian eksistensi dalam lingkungan sosial.

“Perkembangan kompetensi diri, dan kemampuan menautkan diri dalam masyarakat tidak lepas dari seberapa bijak kita dalam bergaul, dengan berbagai elemen dan karakter masyarakat yang berbeda-beda.”, ungkapnya.

Pada sesi wawancara dengan NU Online Nganjuk, Kang Hury juga berharap ada tindak lanjut dan sinergi yang lebih baik lagi dengan berbagai pihak, dimulai dari PC IPNU IPPNU dan tiap PAC IPNU IPPNU di kecamatan se Kabupaten Nganjuk.

“Acara seperti ini sangat bagus sekali, selain sebagai pembinaan dan peningkatan kualitas kader muda dalam berbagai ilmu dan wawasan. Sehingga penting adanya tindak lanjut dari kegiatan ini, begitupun tentang sinergitas dengan berbagai pihak, baik dari PC sampai tiap PAC di Kabupaten Nganjuk.”, tegas pemuda yang kini menjabat Direktur NU Online Nganjuk.

Selain materi Psikologi Pemuda, 3 (tiga) materi lain dari PKPRT diantaranya adalah Hukum Perkawinan dengan pemateri Asdep Abdul Rofur beserta 3 kabid dari Kemenpora, dan materi kedua tentang Perlindungan Anak oleh Ibu Margareth AM yang juga pernah menjabat ketua PP IPPNU tahun 2009-2012. Sementara materi ketiga Kesehatan Reproduksi disampaikan oleh Ema Rahma Yani , M.Kep. Ns. Sp. Kep. An.

Peserta hadir lebih dari 200 orang, berasal dari kader IPNU IPPNU Nganjuk yang telah berusia diantara 18-30 tahun, sesuai target dari Kemenpora. Hadir pula tamu undangan dari MWC NU Baron berserta banomnya, Kepala Sekolah MA Al Hidayah Ibu Hj. Suniyah Wahibah dan Kepala MTsN 4 Nganjuk.(tuh)

,

Redaktur/ Editor : Moh. Maftuhul Khoir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *