Ikhtiyar Tangkal Corona, Gemakan Istighosah dan Sholawat Al Barzanjiy

Berbek – Berbagai upaya menangkal penyebaran virus corona tidak lepas dari ikhtiyar lahir dan batin. Wabah dengan nama Novel Coronavirus covid -19 tengah menjadi momok menakutkan di masyarakat. Bertepatan dengan jadwal kegiatan rutin pembacaan sholawat maulid Al Barzanjiy PAC IPNU IPPNU Berbek memodifikasi acara dengan pembukaan istighosah, di Kantor MWC NU Berbek pada Jumat (20/03) siang.

Najib Nabata Wakil Ketua bidang dakwah PAC IPNU Berbek membuka acara dan menjelaskan bahwa program rutinan waka dakwah kali ini akan ada modifikasi dengan pembacaan istighosah sesuai anjuran para kyai dalam menangkal wabah penyakit.

“Sedikit beda untuk rutinan kali, kita mulai dengan istighosah dan pembacaan sholawat maulid Al Barzanjiy seperti biasa.”, kata Najib.

Bertugas memimpin pembacaan istighosah, selanjutnya Moh. Maftuhul Khoir wakil ketua bidang kaderisasi PAC IPNU Berbek mengajak sekitar 50 peserta hadir , untuk bermunajat dan memohon perlindungan Allah atas segala wabah dan penyakit menular.

Kegiatan rutinan sholawat Al Barzanjiy merupakan salah satu dari 3 kegiatan rutinan yang termasuk dalam program kerja bidang dakwah, meliputi pengajian rutin Ahad Pon dan Pengajian Kitab Kitab Kuning Jum’at sore.

Urgensi Rutinan, Tidak Bermaksud Langgar Instruksi

Merebaknya virus corona mendapat respon Instruksi dari PW IPNU Jatim maupun Instruksi PP IPPNU khususnya larangan mengadakan kegiatan yang mengerahkan massa dalam jumlah banyak.

Terkait itu, Sofatul Zakia ketua PAC IPNU Berbek pada sesi diskusi menjelaskan bahwa PAC IPNU IPPNU Berbek berkomitmen menjalankan instruksi. Efeknya, kegiatan yang telah dipersiapkan akhirnya DITUNDA. Sehingga perlu kordinasi rapat pengurus dan panitia pelaksana. Rapat kordinasi tersebut selanjutnya dijalankan setelah pembacaan Istighosah dan pembacaan sholawat.

Kegiatan yang ditunda tersebut yakni, pertama, kegiatan lomba pidato dan, kedua, lomba mars IPNU IPPNU dalam rangka peringatan Harlah IPNU IPPNU di Balai Umum Berbek, kordinasi pengurus dan pendirian seluruh ranting. Seluruh hadirin rapat menyepakati penundaan tersebut sampai tanggal 31 Maret 2020.


Kontributor: santri legend

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *